Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Tirai Kamar Mandi

Kompas.com - 28/11/2023, 18:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Tirai kamar mandi biasanya digunakan untuk memisahkan kamar mandi basah dan kering. Biasanya, tirai dipasang di dekat shower agar air tidak mengenai kamar mandi kering.

Selain itu, tirai kamar mandi juga bisa menjadi dekorasi ruangan tersebut untuk membuat ruangan terlihat lebih cantik.

Sementara itu, dalam House Digest disebutkan bahwa pemasangan tirai yang tepat juga bisa membuat kamar mandi terlihat lebih besar.

Baca juga: 4 Tips Memilih Tirai Kamar Mandi yang Awet dan Estetik

Jenis tirai kamar mandi kini semakin beragam. Tak heran jika banyak diantara kita yang bingung saat membeli tirai untuk kamar mandi.

Agar tidak salah, berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih tirai kamar mandi.

Ilustrasi tirai kamar mandi, tirai shower.SHUTTERSTOCK/JASON FINN Ilustrasi tirai kamar mandi, tirai shower.

Material tirai

Tirai kamar mandi umumnya berbahan kain yang tahan air. Bahan ini relatif mudah dibersihkan, sehingga banyak disukai.

Selain itu, ada juga tirai kamar mandi yang memiliki lapisan plastik menyerupai kain. Bahan ini membuat tirai tidak mudah basah saat terkena air.

Warna, pola, dan model tirai

Selain material tirai, hal lain yang juga perlu dipertimbangkan saat memilih tirai kamar mandi yaitu warna, pola, dan model tirai.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menjaga Tirai Kamar Mandi Tetap Bersih

Umumnya, warna yang solid akan memberikan kesan minimalis pada ruangan dan cocok dipadukan dengan ruangan yang sudah memiliki hiasan seperti wallpaper.

Namun, jika kamar mandi masih polos, maka kamu bisa menggunakan tirai berwarna dan bermotif agar ruangan terlihat lebih menarik.

Sementara itu, apabila kamar mandi memiliki tema atau gaya tersendiri, kamu bisa menyesuaikan model tirai sesuai dengan konsep ruangan.

Misalnya, pada kamar mandi bergaya pantai atau pesisir, maka kau bisa memasang tirai kamar mandi dengan motif bunga yang besar.

Ukuran tirai

Menurut penjelasan di Parachute Home, ukuran juga menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan saat membeli tirai kamar mandi.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Jamur pada Tirai Kamar Mandi dengan Bahan Alami

Sebaiknya tirai tidak terlalu kecil karena akan membuat kamar mandi terlihat jelek. Untuk menentukan lebar tirai, kamu bisa mengukur pancuran dari dinding ke dinding.

Sementara itu, untuk menentukan tinggi tirai, kamu dapat mengukur tinggi pancuran sampai ke lantai.

Itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih tirai kamar mandi. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, maka kamu bisa mendapatkan tirai kamar mandi yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com