Kompas.com - 07/05/2021, 16:37 WIB
Ilustrasi kamar mandi kecil Unsplash/Francesca TosoliniIlustrasi kamar mandi kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memiliki fungsi agar kamar mandi tetap bersih dan kering, tirai kamar mandi juga berfungsi sebagai elemen dekorasi.

Jika selama ini Anda melihat tirai kamar mandi memiliki pola indah dan dapat melengkapi dekorasi kamar mandi, namun sebenarnya dibalik itu ada berbagai noda jamur yang melekat.

Seperti yang dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (7/5/2021), noda jamur pada tirai kamar mandi ini disebabkan oleh sirkulasi udara yang buruk dan suhu lembab, sehingga menjadi tempat berkembang biak yang ideal untuk jamur.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menjaga Tirai Kamar Mandi Tetap Bersih

Namun, jangan khawatir, Anda dapat membersihkannya dengan mudah dan cepat menggunakan bahan alami, sebagai berikut.

Soda kue atau baking soda dan cuka

Untuk membersihkan tirai kamar mandi menggunakan mesin cuci, tambahkan dua handuk ke dalam mesin, agar memberikan beban ke dalam mesin cuci sehingga proses pembersihannya dapat maksimal.

Kemudian, tuangkan deterjen serta setengah cangkir soda kue atau baking soda. Jika sudah mencapai siklus pembilasan, tuangkan setengah cangkir cuka putih untuk membersihkan secara menyeluruh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah, kibaskan tirai setelah siklus berakhir, dan periksa sisa jamur di bagian bawah tirai. Jika masih tersisa noda jamur, buat pasta dari soda kue atau baking soda dan air, kemudian gosokkan ke area yang masih tersisa noda jamur dan bilas tirai dengan air bersih.

 

Baca juga: Catat, Ini 5 Penyebab Kamar Mandi Terlihat Kotor dan Berantakan

Untuk mengeringkannya, gantung tirai kamar mandi di bawah sinar matahari.

Pemutih

Jika tidak ingin membersihkan tirai menggunakan mesin cuci, Anda dapat merendamnya dalam campuran larutan air panas 2 liter dan 4 sendok makan pemutih non klorin.

Lepaskan tirai kamar mandi dan rendam dalam larutan tersebut selama satu jam. Untuk mengangkat jamur yang menempel, sikat bagian yang memiliki noda.

Setelahnya, bilas menggunakan air hangat, keringkan, dan jemur di bawah sinar matahari. Hindari memerasnya terlalu kencang karena akan menyebabkan tirai kusut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X