Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Rumah di Grobogan dan Blora Direnovasi dalam Program Rumah Sederhana Layak Huni

Kompas.com - 26/11/2023, 19:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Djarum melanjutkan program Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) dengan merenovasi rumah maupun membangun baru 5 rumah yang berada di Kabupaten Grobogan dan 5 rumah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Djarum mengucurkan dana senilai total Rp 285 juta untuk 5 rumah di Kabupaten Grobogan dengan rincian 3 rumah bangunan baru dan 2 rumah renovasi.

Senior Manager Public Affairs Djarum Purwono Nugroho, mengatakan, program RSLH ini merupakan rangkaian rutin yang dijalankan oleh Djarum setiap tahunnya.

Baca juga: Djarum Renovasi 10 Rumah Keluarga Tak Mampu di Kabupaten Kudus

Ilustrasi renovasi rumah.SHUTTERSTOCK/PRAPAT AOWSAKORN Ilustrasi renovasi rumah.

Per November 2023 ini, telah merenovasi 20 rumah di tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kudus, Blora, dan Grobogan total anggaran yang dikucurkan mencapai tak kurang dari Rp 1,2 miliar.

“Ini merupakan bentuk komitmen dari PT Djarum untuk menyukseskan program RSLH, serta dukungan terhadap pemerintah dalam menurunkan tingkat kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat berpenghasilan rendah di Jawa Tengah," kata Purwono dalam siaran pers, Minggu (26/11/2023).

Dia menyatakan, pihaknya berharap dengan kualitas hidup yang baik, para penghuninya kemudian dapat melakukan hal-hal yang bersifat produktif dan membuahkan perbaikan ekonomi bagi keluarga tersebut.

Lewat program RSLH, Djarum melakukan bedah rumah sehingga hunian tersebut memenuhi tiga hal dasar yakni Sehat, Aman, dan Layak. Aspek Sehat melingkupi perbaikan terhadap sanitasi air kotor, pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Baca juga: Bantu Kurangi Kemiskinan, Djarum Hadirkan Program Renovasi Rumah Warga

Aspek Aman & Layak berarti rumah dibangun dengan konstruksi yang kuat dan kokoh.

Pada program RSLH, Djarum menerapkan total intervensi, sehingga penerima bantuan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk proses pembangunan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com