Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Renovasi Skala Kecil yang Membuat Rumah Terasa Berbeda

Kompas.com - 14/10/2023, 14:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan renovasi bisa membuat rumah terasa lebih segar dan berbeda. Biasanya, renovasi dilakukan saat ditemukan kerusakan.

Padahal, renovasi rumah tak harus menunggu ada kerusakan. Anda juga bisa melakukan renovasi skala kecil untuk mengubah suasana rumah agar lebih menyenangkan.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (14/10/2023), berikut ini beberapa renovasi skala kecil yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah lebih segar dan nyaman.

Baca juga: Apa Itu Renovasi Wajib pada Rumah dan Seberapa Perlu Melakukannya?

Cat ulang dinding rumah

Cat baru akan membuat ruangan terlihat lebih segar dan terlihat berbeda. Saat melakukan pengecatan ulang, Anda bisa menambal bagian dinding yang berlubang atau membuat area dinding yang berjamur.

Anda bisa memiliki warna cat yang sama seperti sebelumnya atau warna yang berbeda. Langkah renovasi ini tergolong murah dan mudah dilakukan. Anda bisa melakukannya sendiri saat akhir pekan.

Ilustrasi memasang wallpaper dindingShutterstock/Nok Lek Travel Lifestyle Ilustrasi memasang wallpaper dinding

Memasang wallpaper

Selain melakukan pengecatan ulang, cara lain untuk membuat dinding rumah terlihat lebih segar yaitu dengan memasang wallpaper.

Wallpaper akan membuat dinding rumah Anda lebih menarik. Anda bisa memilih motif dan warna wallpaper sesuai dengan keinginan dan konsep rumah.

Baca juga: Ingin Memasang Wallpaper di Dapur? Ketahui Hal Ini Dulu

Membuat mural pada dinding

Mural adalah seni menggambar atau melukis dinding yang bersifat permanen. Selain mengecat dinding dengan warna polos, Anda juga bisa memberikan motif berbeda pada dinding dengan mural.

Anda bisa membuat gambar sesuai dengan selera pada dinding rumah. Pemilihan warna juga bisa disesuaikan dengan keinginan.

Selain membuat rumah tampak berbeda, membuat murah juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan bersama keluarga saat akhir pekan.

Mengganti pintu interior

Renovasi skala kecil lainnya yang bisa membuat rumah lebih segar yaitu mengganti pintu interior. Anda bisa mengganti pintu dalam rumah dengan jenis pintu pre-hung atau pintu plat.

Pintu pre-hung adalah pintu yang terpasang dalam rangka. Sedangkan pintu pleat adalah pintu yang dapat ditambahkan pada rangka yang telah ada.

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Mengecat Pintu Masuk Rumah dengan Warna Hitam

Cat ulang pintu depan rumah

Selain pengecatan dinding, kegiatan renovasi lain yang bisa dilakukan yaitu pengecatan ulang pintu depan rumah. Cat baru pada pintu depan rumah akan memberikan kesan berbeda pada rumah Anda.

Anda bisa memilih warna cat yang netral untuk memberikan kesan sederhana, minimalis, dan modern.

Ganti lampu

Meski terkesan sepele, mengganti lampu ternyata bisa memberikan kesan berbeda pada rumah. Selain berfungsi sebagai sumber cahaya, lampu juga bisa menjadi elemen dekorasi yang membuat rumah lebih indah.

Ilustrasi pemasangan lantai laminasiShutterstock/Lubo Ivanko Ilustrasi pemasangan lantai laminasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com