Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, 5 Kesalahan Renovasi Rumah yang Bisa Pengaruhi Nilai Jual

Kompas.com - 27/08/2023, 13:19 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah merupakan tempat tinggal dan berlindung, sehingga penting untuk dapat menciptakan lingkungan yang nyaman. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan renovasi rumah.

Renovasi rumah tidak hanya sekadar mempercantik rumah untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, tetapi juga bisa meningkatkan nilai jualnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merenovasi rumah yang tepat.

Mengutip Martha Stewart, Minggu (27/8/2023), berikut adalah lima kesalahan renovasi rumah yang perlu dihindari karena bisa memengaruhi nilai jual rumah.

Baca juga: 7 Cara Menyegarkan Tampilan Dapur tanpa Renovasi

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna hijau sage atau sage green. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna hijau sage atau sage green.

1. Membuat kamar tidur terlalu besar

Menurut Stephanie Adickman, agen perumahan di Keller Williams, kamar tidur yang terlalu besar dapat menjadi salah satu kesalahan renovasi rumah yang banyak memakan biaya.

Pasalnya, rata-rata pembeli lebih membutuhkan banyak kamar tidur di rumah daripada memiliki kamar tidur yang terlalu besar.

Oleh karena itu, jika Anda ingin merenovasi kamar tidur utama, sebaiknya tetap pertimbangkan kebutuhan pembeli yang lebih potensial untuk meningkatkan nilai jual rumah.

2. Mengecat setiap ruangan dengan warna yang terlalu berbeda

Bethany Adams dari Bethany Adams Interiors, firma desain di Louisville, Kentucky, AS mengatakan, penting untuk menghindari mengecat setiap ruangan dengan warna yang berbeda dan sebaiknya pilih warna yang selaras.

Baca juga: 6 Renovasi Rumah yang Dapat Membuat Anda Dibenci Tetangga

Hal ini akan membuat rumah Anda terlihat lebih luas dan lebih mudah dijual karena lebih nyaman untuk dilihat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com