Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Ngengat, Ini 6 Serangga yang Dapat Merusak Pakaian

Kompas.com - 15/11/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakaian menjadi salah satu sasaran hama serangga di rumah. Serangga dapat merusak pakaian, seperti menyebabkan lubang kecil atau bolong dan noda. 

Tentu saja, lubang kecil ini membuat tampilan pakaian menjadi buruk atau tidak mernarik, bahkan beberapa tak bisa lagi dikenakan. 

Baca juga: 5 Serangga Pemakan Kayu yang Ada di Rumah dan Cara Mengidentifikasinya

Setiap kali menemukan lubang kecil pada pakaian yang disebabkan serangga, ngengat biasanya menjadi penyebab utama. Padahal, selain ngengat, ada beberapa serangga pemakan pakaian dan kain. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Selasa (15/11/2023), berikut sejumlah serangga yang dapat merusak pakaian dan cara mengendalikan masalah ini. 

Kumbang karpet

Kumbang betina bertelur dengan telur putih di tempat-tempat tersembunyi, seperti pakaian, furnitur, celah-celah lantai, dan karpet.

Telur-telur tersebut menetas dalam waktu sekitar delapan hingga 15 hari, tergantung spesiesnya, dan menetas lebih cepat pada cuaca yang lebih hangat.

Kebanyakan kumbang karpet biasanya menghasilkan empat generasi dalam setahun, yang sangat banyak dibanding kumbang hitam yang hanya menghasilkan satu generasi per tahun.

Kumbang karpet mulai memakan kain segera setelah telur menetas. Larva mengonsumsi serat alami, seperti wol, mohair, bulu, dan dapat merayap dari satu tempat ke tempat lain.

Kumbang karpet paling sering ditemukan pada kain, tetapi dapat hidup di celah-celah gelap, termasuk saluran udara, lemari, dan belakang alas tiang.   

Baca juga: 6 Serangga Kecil yang Kerap Muncul di Rumah, Apa Saja?

Ngengat pakaian pembawa koper

Ilustrasi ngengat dapur.Shutterstock/Jurik Peter Ilustrasi ngengat dapur.
Selanjutnya, serangga yang dapat merusak pakaian adalah ngengat. Jika melihat serangga, seperti cacing dengan cangkang keras, itu adalah larva ngengat pakaian pembawa koper.

Larva tersebut membawa kotak pipih dengan panjang sekitar 1/4 hingga 1/2 inci. Makhluk inilah yang membuat lubang pada pakaian dan kain.

Ngengat ini merupakan serangga pemakan pakaian, memakan bulu, kain flanel, wol, kain kotor, dan rambut. Ngengat dewasa berukuran sangat kecil dan jarang terlihat.

Kecoak 

Kecoak adalah hama yang serius. Kotorannya dapat membawa penyakit dan menodai pakaian. Selain itu, kecoak merupakan serangga pemakan pakaian dan kain apa pun di rumah.

Kecoak tertarik pada keringat dan noda cairan tubuh, tumpahan makanan dan minuman, serta tepung cucian. Saat menggerogoti noda-noda ini, kecoak dapat membuat lubang pada serat atau melemahkannya sehingga muncul lubang pada pakaian.  

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Membasmi Serangga di Rumah

Jangkrik

Ilustrasi jangkrik.Shutterstock/kungfu01 Ilustrasi jangkrik.
Jangkrik juga menjadi serangga yang dapat merusak pakaian. Jangkrik biasanya tidak dianggap sebagai serangga yang memakan pakaian dan tidak menyukai pakaian yang bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com