Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini Cara Menghilangkan Bau Rokok di Apartemen

Kompas.com - 12/11/2023, 11:28 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com – Di apartemen kecil, bau rokok maupun asal lain bisa langsung menyebar ke seluruh penjuru ruangan.

Asap rokok membuat ruangan beraroma kurang sedap dan bisa mengganggu kesehatan pernapasan. Maka dari itu, sebaiknya tidak merokok di dalam ruangan, terutama ruangan yang sempit seperti apartemen.

Namun, jika sudah terlanjur ada aroma rokok, maka kamu perlu segera menghilangkannya agar tidak mengganggu sirkulasi udara dalam ruangan.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (12/11/2023), berikut ini beberapa cara menghilangkan bau rokok di apartemen agar udara tetap segar.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Rokok yang Membekas di Dalam Rumah

Buka jendela

Ilustrasi membuka jendela.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi membuka jendela.

Cara termudah untuk menghilangkan aroma rokok di dalam ruangan yaitu dengan membuka jendela. Saat jendela dibuka, maka akan terjadi pertukaran udara dari dalam ke luar ruangan.

Jadi, udara kotor dari dalam ruangan akan keluar. Sebaliknya, udara segar dari luar ruangan akan masuk ke dalam ruangan.

Agar apartemen semakin segar, maka jangan lupa membersihkan jendela dengan rutin. Tujuannya agar tidak ada sisa nikotin yang menempel di kusen maupun kaca jendela.

Bersihkan dinding

Selain membuka jendela, cara menghilangkan bau rokok juga bisa dengan membersihkan dinding. Cara ini bisa menghilangkan residu rokok yang menempel di dinding.

Dinding yang bersih juga membuat udara lebih segar. Cara membersihkan dinding bisa menggunakan kain mikrofiber yang sudah dicelupkan ke dalam larutan pembersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Dinding tanpa Menghilangkan Cat

Larutan pembersih bisa dibuat sendiri dari campuran teh, cuka, dan air hangat. Kemudian, gunakan kain tersebut untuk mengelap dinding secara perlahan.

Bersihkan lantai dan karpet

Permukaan lantai dan karpet juga perlu dibersihkan untuk menghilangkan aroma rokok. Lantai bisa dipel seperti biasa menggunakan kain pel.

Sementara itu, permukaan karpet bisa dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Untuk menyegarkan karpet, kamu bisa menggunakan soda kue.

Caranya cukup dengan menaburkan soda kue di atas permukaan karpet. Kemudian, diamkan selama kurang lebih empat jam, semakin lama semakin baik. Terakhir, sedot soda kue menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan bau nikotin.

Cuci gorden, bantal, handuk, dan pakaian

Cara menghilangkan bau rokok di apartemen lainnya yaitu dengan mencuci gorden, bantal, handuk, dan pakaian.

Baca juga: Simak, 6 Langkah Cepat Membersihkan Gorden

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com