Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/11/2023, 15:06 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Polysleep


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu hal yang perlu diwaspadai saat musim hujan yaitu kebocoran pada atap.

Kondisi atap yang bocor akan membuat suasana dalam rumah menjadi kurang nyaman. Tak hanya itu, air hujan yang turun dari atap juga bisa mengenai furnitur dan perlengkapan dalam rumah.

Saat air hujan mengenai kasur, maka hal tersebut menjadi masalah yang besar. Sebab, mengeringkan kasur merupakan pekerjaan yang rumit.

Kasur yang basah perlu segera dikeringkan agar tidak menimbulkan bau apek dan timbulnya jamur yang bisa merusak kasur.

Baca juga: Cara Mengeringkan Kasur Basah dengan Cepat

Dilansir dari Polysleep, Sabtu (11/11/2023), untuk mengeringkan kasur yang basah akibat air hujan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Berikut tips mengeringkan kasur yang perlu dilakukan.

Hilangkan kelembapannya

Ilustrasi membersihkan noda di kasurSHUTTERSTOCK/MDBILDES Ilustrasi membersihkan noda di kasur

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat mengeringkan kasur yaitu menghilangkan air menggunakan handuk bersih dan kering.

Tekan handuk di area yang basah dan biarkan handuk menyerap air tersebut. Diamkan selama beberapa saat sampai semua air terserap ke handuk.

Bersihkan noda

Jika terdapat noda yang tertinggal, maka kamu juga perlu membersihkan noda tersebut. Kamu bisa menggunakan bahan pembersih seperti hidrogen peroksida, soda kue, dan cuka.

Baca juga: 7 Langkah Membersihkan Kasur agar Bebas Noda dan Bau

Oleskan bahan pembersih ke area yang bernoda. Gosok perlahan menggunakan kain bersih dan seka sisa pembersih dengan kain.

Gunakan penyedot debu untuk mengeringkan area tersebut

Tips mengeringkan kasur selanjutnya yaitu dengan menggunakan penyedot debu. Selain berguna untuk mengeringkan kasur, penyedot debu juga bisa membantu menghilangkan debu dan kotoran yang ada di permukaan kasur.

Gunakan pengering rambut

Selain menggunakan penyedot debu, kasur juga bisa dikeringkan menggunakan pengering rambut. Cukup arahkan alat pengering rambut ke area yang basah. Lakukan sampai semua bagian kasur kering.

Cegah pertumbuhan jamur

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kasur yang basah berisiko ditumbuhi jamur. Untuk mencegah pertumbuhan jamur, kamu bisa mengambil larutan alkohol dan air.

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur yang Benar agar Bebas dari Kutu Busuk

Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner, mengeringkan kasur dengan vacuum cleaner. SHUTTERSTOCK/RATCHAT Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner, mengeringkan kasur dengan vacuum cleaner.

Kemudian, rendam handuk pada larutan tersebut dan usapkan ke area yang basah.

Alkohol berfungsi sebagai desinfektan yang dapat mencegah pertumbuhan jamur, lumut, dan bakteri. Selain itu, alkohol juga cepat menguap, sehingga kasur lebih cepat kering.

Letakkan kasur di bawah kipas angin

Kipas angin juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan kasur. Kamu bisa menyandarkan kasur ke dinding dengan permukaan yang basah mengarah ke arah kipas angin.

Biarkan kipas menyala selama 6 hingga 8 jam atau sampai kasur benar-benar kering. Kamu juga bisa meletakkan dehumidifier di dekat kasur untuk mempercepat proses pengeringan.

Baca juga: 8 Cara Merawat Kasur agar Tahan Lama, Apa Saja?

Keringkan di bawah sinar matahari langsung

Jika memungkinkan, maka kasur bisa dikeringkan di bawah sinar matahari langsung. Tak hanya membuat kasur kering, sinar matahari juga bisa menghilangkan bau apek dan membunuh bakteri yang ada di kasur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com