Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2022, 07:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur basah akan segera memicu munculnya bau apek. Dalam satu atau dua hari, jamur mungkin mulai tumbuh jauh di dalam kasur.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Rabu (28/12/2022), tidak semua kasur basah bisa diselamatkan. Jika kasur terkena banjir, kemungkinan besar air terkontaminasi dengan kotoran dan bahan kimia atau bahan bakar berbahaya.

Dalam hal ini, meskipun Anda dapat membersihkan bagian dalam kasur secukupnya, jamur dari kelembapan yang tertinggal dapat menyerang tanpa terlihat.

 

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur agar Tampak Baru dan Tahan Lama

Ilustrasi kasur, duvet atau pelapis kasur. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi kasur, duvet atau pelapis kasur.

Kasur yang basah karena tumpahan, kebocoran air hujan, dapat diselamatkan, selama Anda bekerja dengan cepat dan mengeringkannya secara menyeluruh.

Berikut cara mengeringkan kasur basah dengan cepat.

Hilangkan kelembapan jika tumpahan atau area basah kecil dan kecil. Gunakan kain atau handuk bersih yang menyerap dan berikan tekanan sebanyak mungkin untuk memaksa kelembapan keluar dari kasur.

Lanjutkan dengan pengering rambut alias hair dryer, atur pada panas tinggi. Pegang hair dryer beberapa inci dari permukaan kasur dan berikan panas setidaknya selama 15 hingga 20 menit.

Baca juga: Cara Menyimpan Kasur yang Tidak Terpakai dengan Tepat

Biarkan area kasur menjadi dingin sepenuhnya sebelum menentukan apakah sudah kering atau belum. Setelah 30 menit, lanjutkan ke metode pengeringan lainnya.

Taburkan pasir kucing bersih di atas permukaan kasur. Berikan tekanan pada sampah untuk memaksa kelembapan keluar dari kasur dan masuk ke penyerap yang lebih kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com