Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tanaman Penyerap Racun Rokok, Bisa Diletakkan di Dalam Rumah

Kompas.com - 05/08/2023, 14:43 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Asap rokok merupakan salah satu penyebab polusi yang jarang disadari. Dalam satu batang rokok, misalnya, diketahui mengandung sekitar 4000 jenis bahan kimia dan 40 persennya beracun.

Apabila asap rokok terjebak di dalam rumah, tentu akan membahayakan kesehatan penghuni rumah. Sebaiknya, tidak merokok di dalam ruangan. 

Baca juga: Deretan Tanaman Hias yang Dapat Membersihkan Racun Dalam Asap Rokok

Menghilangkan asap rokok di dalam rumah dapat menggunakan tanaman penyerap racun. Tanaman tersebut tidak hanya mengurangi polusi, tetapi juga memberikan kesan asri dalam rumah.

Melansir dari situs resmi Pemerintah Kabupaten Kebumen, Sabtu (5/8/2023), berikut  beberapa jenis tanaman penyerap racun rokok yang bisa menjadi dekorasi rumah.

Peace lily

Ilustrasi peace lily.Shutterstock/John C Evans Ilustrasi peace lily.
Peace lily atau bunga lili perdamaian dikenal efektif menyerap polusi serta menetralisir senyawa benzena dan formaldehida dalam asap rokok.

Peace lily juga bisa tumbuh di tempat teduh sehingga bisa ditempatkan di dalam ruangan serta mini perawatan. Cukup lakukan penyiraman seminggu sekali.

Daun bunga tanaman ini juga perlu dibersihkan secara berkala agar tetap mengkilap dan terlihat cantik.

Baca juga: Catat, 3 Tanaman Ini Bisa Menyerap Racun Asap Rokok di Rumah 

Sirih gading

Sirih gading termasuk jenis tanaman penyerap racun rokok yang dapat tumbuh di segala kondisi. Sirih gading menyukai kondisi cahaya sedang, cukup terang, tapi tanpa matahari.

Bentuk yang cantik membuat tanaman ini membuat tampilan interior rumah semakin cantik. Sama dengan peace lily, tanaman sirih gading juga mampu menyerap formaldehida dan benzena.

Dengan demikian, menempatkan sirih gading dalam ruangan membuat udara di tempat tersebut semakin segar dan bersih. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Usir Energi Negatif di Rumah Menurut Feng Shui

Palem kuning

Ilustrasi tanaman Areca Palm atau palem kuning. PEXELS/LIAM HUYBERECHTS Ilustrasi tanaman Areca Palm atau palem kuning.

Tanaman palem kuning memiliki kemampuan menyerap racun rokok, seperti trikloroetilen, formaldehid, benzena, karbon monoksida, ylene, dan amonia. Kemampuannya menyerap racun, bahkan lebih tinggi dibanding tanaman lain.

Sebagai tanaman hias, palem kuning memiliki bentuk cantik dengan daun majemuk dan menyirip. Warna daunnya hijau terang sehingga membuat ruangan terkesan ceria serta segar. 

Perawatan tanaman ini tidak sulit, cukup berikan pupuk secukupnya, lakukan penyiraman secara rutin, dan tempatkan di area yang terkena sinar matahari.

Baca juga: Bisakah Tanaman Hias Menyaring Asap Rokok di Dalam Ruangan?

Lidah mertua

Salah satu tanaman penyerap polusi yang sangat populer adalah lidah mertua. Lidah mertua bisa menyerap bahan kimia, seperti karbon monoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trikloroetilen, dan dioksin.

Lidah mertua memiliki daun keras, sukulen, tegak, dan bagian ujungnya runcing. Tanaman ini cocok ditempatkan di sudut rumah.

Cara merawat tanaman lidah mertua cukup menempatkan pot di area teduh, memberikan pupuk sebulan sekali, memangkas secara berkala, dan tidak terlalu sering menyiram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com