Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Berwarna Netral

Kompas.com - 05/08/2023, 12:20 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu perlu menghadirkan estetika menarik agar memberi kenyamanan. 

Mendekorasi ruang tamu dapat dilakukan dengan mengecatnya menggunakan berbagai skema warna, salah satunya warna netral.

Baca juga: 4 Cara Penting Mendekorasi Ruang Tamu yang Netral

Ruang tamu netral menciptakan suasana santai serta dapat menjadi dasar untuk memasukan elemen dekorasi lainnya, seperti karpet dan gorden. Namun, mendekorasi ruang tamu berwarna netral bisa menjadi tantangan tersendiri.

Untuk memudahkan Anda, berikut sejumlah cara mendekorasi ruang tamu berwarna netral dikutip dari Ideal Home, Sabtu (5/8/2023).

Tambahkan kenyamanan di bawah kaki

Ilustrasi ruang tamu minimalis.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi ruang tamu minimalis.
Tekstur dan pola berlapis akan membuat ruang tamu netral lebih menarik. Tambahkan kenyamanan di bawah kaki untuk membuat Anda lebih bersantai.

Menambahkan karpet bermotifnetral akan memberikan kedalaman dan dimensi pada ruang tamu tanpa membanjirinya dengan warna.

Pilih desain yang terinspirasi dari gaya Maroko atau antik untuk skema ruang tamu yang elegan dan nyaman.

Baca juga: Tips Memilih Warna Netral untuk Ruangan dan Cara Menggunakannya

Bermain dengan bentuk

Menambahkan dimensi pada palet warna netral melalui aksesori adalah kunci membuat ruang tamu terasa lengkap. Dengan memilih vas dan benda-benda dekoratif berbentuk menarik, ruang tamu netral akan bergaya tanpa terlihat berantakan.

Baik itu di bufet maupun rak ruang tamu, menempatkan dekorasi yang indah akan memperbarui estetika ruang tamu netral yang minimal.

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Warna Netral di Rumah 

Suasana hangat dengan bahan alami

Jaga skema tetap netral, teapi menarik dengan aksen hangat melalui material alami dan sentuhan warna dari aksesori.

Marianne mengatakan warna-warna netral adalah warna yang dekat dengan alam meliputi warna-warna menenangkan dari batu, tanah liat, pasir, anyaman, dan kayu, yang pada dasarnya adalah warna-warna dari material mentah yang digunakan membangun dan melengkapi rumah.

Hiasi dinding untuk menambah daya tarik

Ilustrasi ruang tamu minimalis gaya Japandi. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu minimalis gaya Japandi.
Dinding netral memberikan latar belakang sempurna untuk rak serta memajang karya seni dan aksesori atau sekadar penyimpanan ruang tamu yang praktis.

Nuansa lembut pada dinding mencegah ruang tamu terasa penuh dengan terlalu banyak elemen dekorasi. Sama dengan galeri seni, dinding netral akan mempercantik benda-benda yang ditempatkan di dinding.

Baca juga: 8 Ide Penggunaan Warna Netral untuk Dekorasi Kamar Tidur yang Nyaman 

Motif bunga untuk sentuhan warna alami

Berikan sedikit sentuhan kejutan pada skema netral dengan motif bunga. Dari kain bermotif bunga yang lembut hingga dedaunan asli, ruang tamu netral bisa menjadi latar belakang ideal untuk meningkatkan warna-warna alami yang muncul dari bunga-bunga indah.

Pada cahaya tertentu, warna-warna alam akan terlihat terpantul pada warna netral di dinding sehingga menambah kedalaman warna.

Suntikkan pola dan motif

Gunakan wallpaper untuk menambah daya tarik pada skema dekorasi serba netral. Pola dalam palet warna yang sama menambahkan sentuhan dekoratif tanpa melanggar batasan skema warna.

Lapisi tekstur dan pola white on white pada bantal sofa. Pamerkan karya seni dan barang koleksi dalam rak dan gaya bingkai berbeda di dinding.

Baca juga: Ragam Keunggulan Warna Netral dan Cara Mengaplikasikannya di Rumah

Tambahkan nuansa hangat melalui furnitur

Pilih warna dinding netral dengan warna dasar hangat yang bisa dipercantik dengan sentuhan warna aksen berani melalui furnitur dan aksesori.

Sebagai contoh, tingkatkan tampilan ruang tamu netral dengan kursi berwarna burnt orange, menjadikan kursi menonjol dengan latar belakang warna netral yang menenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com