Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2023, 12:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Elle Decor


JAKARTA, KOMPAS.comDapur menjadi bagian dari rumah yang tak boleh dilupakan. Sama seperti ruangan lain, dapur juga perlu di dekorasi dan ditata dengan rapi agar nyaman saat digunakan.

Dekorasi dapur bisa disesuaikan dengan konsep rumah atau sesuai dengan tren terkini. Setiap tahun akan ada tren dekorasi dapur yang bisa kamu ikuti.

Kerrie Kelly, CEO dan direktur kreatif di Kerrie Kelly Studio mengatakan bahwa di tahun 2024 nanti, kegembiraan menjadi prioritas utama dalam desain interior.

Baca juga: 5 Tren Dapur yang Sudah Usang dan Harus Ditinggalkan Menurut Ahli

Kelly juga menyebutkan bahwa masyarakat akan memilih ruang serbaguna yang fungsinya beragam, seperti area dapur dengan tempat duduk dan penyimpanan terintegrasi agar bisa berfungsi sebagai tempat memasak, menikmati makanan, dan bersosialisasi.

Dilansir dari Elle Décor, Rabu (8/11/2023), tren dapur di tahun 2024 lebih mengutamakan fungsi yang membuat dapur tersebut terasa lebih efisien. Adapun beberapa tren yang dimaksud, seperti berikut.

Gunakan pencahayaan berlapis

Ilustrasi lampu dapurShutterstock/BM_27 Ilustrasi lampu dapur

Kelly mengatakan bahwa salah satu tren dapur di tahun yang akan datang yaitu adanya pergeseran dari lampu gantu yang mencolok menjadi pencahayaan di bawah kabinet yang menambah fungsionalitas dan sentuhan cahaya.

Sconce yang memadukan gaya dan fungsi juga diprediksi akan menjadi tren di tahun depan. Ashley Macuga, desainer utama Collected Interior mengatakan bahwa lampu tersembunyi di atas kepala akan membuat permukaan dapur lebih silau.

Baca juga: 5 Jenis Lampu Dapur yang Membuat Ruangan Lebih Terang

Sedangkan memasang sconce di dapur bisa menambahkan lapisan cahaya redup yang terlihat cantik dan bisa diatur pencahayaannya di malam hari.

Macuga juga memperkirakan akan lebih banyak penggunaan pencahayaan arsitektural. Pencahayaan di bawah kabinet juga bisa meningkatkan fungsi pencahayaan di area dapur.

Menggunakan warna hangat

Dapur monokrom dan serba putih diprediksi tidak akan sepopuler dulu. Sebaliknya, Kelly mengatakan bahwa penggunaan corak warna dramatis akan banyak disukai.

Warna dramatis bisa menghadirkan kontras kuat yang juga cocok dipadukan dengan warna netral. Untuk memberikan suasana nyaman, kamu bisa memilih warna biru, hijau, cokelat pekat, merah, dan ungu.

Furnitur kayu dengan warna alami juga bisa membuat ruangan terasa lebih hangat dan mendalam. Motif kayu yang alami akan membuat dapur terasa menarik dan cantik.

Baca juga: 5 Warna Dapur yang Tak Lekang oleh Waktu, Cantik dan Menenangkan

Sementara itu, Bethany Adams principal of Bethany Adams Interiors, mengatakan bahwa warna yang berani seperti merah anggur dan oranye akan mulai banyak digunakan di tahun depan. Warna tersebut akan membuat dapur menjadi lebih nyaman.

Penggunaan counter dan lantai dari marmer dan batu

Tren dapur di tahun 2024 lainnya yaitu penggunaan material dapur dari marmer dan batu. Bahan alami tersebut bisa digunakan pada counter dan lantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com