Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2023, 16:20 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Merenovasi dapur merupakan proyek besar, tetapi juga bisa sangat menyenangkan.

Merenovasi dapur juga dapat menjadi kesempatan memperbaiki semua hal yang tidak disukai sebelumnya dan menambahkan fitur-fitur baru yang Anda inginkan. 

Baca juga: Ide Warna Cat untuk Lemari yang Cantik dan Menarik

Namun, sebelum memulai semua itu, penting memutuskan warna cat dapur yang akan digunakan. Memilih warna cat dapur yang cocok dan sesuai dapat menjadi keputusan sulit.

Karena itu, penting memilih warna cat yang dapat memberikan sentuhan akhir dapur terasa mewah dan elegan. Dilansir dari Living Etc, Rabu (18/10/2023), berikut lima warna cat dapur yang elegan

Cashmere

Richard Davonport, Direktur Pelaksana Davonport—produsen peralatan dapur mewah asal Inggris—mengatakan warna cashmere adalah salah satu warna cat dapur terbaik karena mencerminkan kemewahan dan keabadian yang elegan.

Selain itu, cashmere dapat membuat dapur terasa lebih nyaman dan membantu menciptakan ruang yang lebih luas dan lapang.

Warnanya yang netral dan hangat ini cocok digunakan dalam berbagai gaya dan desain dapur, seperti dapur modern, tradisional, atau minimalis. Warna cashmere juga pilihan bagus untuk dapur minimalis, tetapi dengan sentuhan mewah dan elegan. 

Baca juga: 3 Warna Cat yang Dapat Memberi Kebahagiaan di Rumah Menurut Feng Shui

Hitam

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hitam, pencahayaan di dapur. SHUTTERSTOCK/ALEXANDRE ZVEIGER Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hitam, pencahayaan di dapur.
Selanjutnya, warna cat dapur yang elegen adalah hitam. Alexander Adducci, desainer interior di 210 Design House—butik perabotan rumah dan merek lemari dapur asal Amerika Serikat—mengatakan hitam merupakan warna yang mewah dan elegan yang dapat membuat dapur terlihat lebih luas serta lapang.

Hitam memiliki daya tarik dramatis dan dapat menjadi titik fokus ruangan. Namun, bagi sebagian orang, hitam bisa terlalu keras atau terasa dingin.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan hitam sebagai aksen tertentu pada furnitur dan dekorasi di dapur atau menambahkan tekstur untuk memberikan kesan lebih hidup.

Anda dapat memadukan hitam dengan warna lainnya, seperti putih, untuk kombinasi klasik yang terlihat modern dan elegan. Selain itu, hitam dan emas merupakan kombinasi glamor serta mewah. 

Baca juga: Berapa Jumlah Warna Cat yang Ideal untuk Ruangan?

Hijau tua

Ilustrasi dapur vintage.Shutterstock/archideaphoto Ilustrasi dapur vintage.
Hijau tua melambangkan alam dan kesegaran sehingga dapat memberikan kesan menenangkan dan nyaman. Selain itu, hijau tua juga dapat memberikan kesan mewah serta elegan dalam sebuah dapur.

Anda dapat menggunakan warna ini untuk dinding, lemari, atau meja di dapur. Jika warna hijau tua terlihat terlalu mencolok digunakan sendiri, padukan dengan warna netral, seperti putih, hitam, atau abu-abu. Perpaduan ini akan menciptakan dapur yang terlihat lebih elegan serta modern. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Membuat Kamar Tidur Terasa Lebih Sejuk

Biru

Biru juga menjadi warna cat dapur yang elegan. Biru dapat menjadi pilihan bagus untuk menciptakan dapur mewah dan elegan. Biru memiliki kesan menenangkan, santai, serta manfaat yang dapat membuat dapur terlihat lebih luas, nyaman, juga bergaya.

Selain di dinding dapur, Anda dapat menggunakan biru untuk menciptakan aksen pada peralatan dapur atau aksesori lainnya untuk menambahkan minat dan kontras ke dapur. 

Baca juga: Warna Cat Dinding yang Cocok Dipadukan dengan Ubin Berwarna Beige

Gunakan hasil akhir mengkilap

Terakhir, warna cat dapur yang elegan adalah menggunakan hasil akhir mengkilap. Adducci merekomendasikan menggunakan hasil akhir mengkilap di dapur untuk memberikan kesan elegan dan mewah yang membuat dapur terlihat lebih luas serta lapang.

Hasil akhir mengkilap dapat diaplikasikan pada berbagai warna, termasuk warna netral, warna pastel, dan warna cerah. Untuk sentuhan kemewahan ekstra, Anda dapat menambahkan semburat warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com