Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Kolong Tempat Tidur, Kenapa?

Kompas.com - 03/11/2023, 11:47 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur menjadi tempat beristirahat dan tidur. Tempat tidur yang bersih dan nyaman dan membantu memperoleh tidur yang nyenyak serta tenang. 

Namun, terkadang tempat tidur juga menjadi tempat menyimpan sejumlah barang, khususnya pada bagian bawah atau kolong tempat tidur.  

Baca juga: Catat, Ini Benda yang Bikin Meja di Samping Tempat Tidur Berantakan

Padahal, menurut feng shui, kolong tempat tidur tidak boleh menyimpan barang. Bahkan ada beberapa barang yang dapat menghambat aliran energi positif di kamar tidur

Selain itu, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti insomnia, stres, dan berdampak buruk pada kesehatan. 

Nah, dilansir dari Living Etc, Kamis (2/11/2023), berikut sejumlah barang yang tidak boleh disimpan di kolong tempat tidur.

Peralatan olahraga

Ilustrasi kolong tempat tidur, ruang penyimpanan di kolong tempat tidur.Shutterstock/brizmaker Ilustrasi kolong tempat tidur, ruang penyimpanan di kolong tempat tidur.
Dalam feng shui, menyimpan peralatan olahraga di bawah tempat tidur merupakan hal yang perlu dihindari karena dapat mengganggu kualitas tidur.

Peralatan olahraga mewakili energi yang aktif dan menstimulasi, yang dapat membuat sulit tidur atau memperoleh tidur nyenyak.

Terlebih lagi, jika peralatan olahraga kotor dan tidak dirawat baik, hal ini dapat menimbulkan energi yang tidak seimbang atau stagnan di kamar tidur.  

Baca juga: 4 Posisi Terbaik Meletakkan Tempat Tidur, Bikin Nyenyak

Surat dan dokumen

Selanjutnya, bbarang yang tidak boleh disimpan di kolong tempat tidur adalah surat dan dokumen. Kedua barang ini memiliki nilai emosional atau sentimental dan bersifat penting, jadi sebaiknya hindari menyimpannya di kolong tempat tidur.

Dalam feng shui, surat dan dokume mewakili energi negatif atau stagnan yang dapat mengganggu tidur.

Jika Anda merasa sulit melepaskan surat dan dokumen tersebut ke tempat penyimpanan lainnya, pertimbangkan menyimpannya di album foto atau dalam kotak penyimpanan tersendiri. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Memberi Ketenangan di Kamar Tidur

Buku

Ilustrasi buku.PEXELS/PIXABAY Ilustrasi buku.
Buku juga menjadi barang yang tidak boleh disimpan di kolong tempat tidur. Dalam feng shui, buku mewakili energi aktif dan menstimulasi menurut feng shui sehingga tidak boleh disimpan di bawah tempat tidur karena bisa membuat sulit untuk rileks dan tertidur.

Sebaiknya, menyimpan buku di ruangan terpisah dari kamar tidur untuk memastikan energi yang aktif dari buku tidak mengganggu kualitas tidur Anda. 

Baca juga: 8 Cara Menciptakan Tempat Tidur Nyaman Seperti di Hotel Bintang 5

Barang yang berantakan

Selain barang-barang, penempatan barang yang tidak rapi di kolong tempat tidur juga dapat menghadirkan energi yang negatif atau stagnan.

Energi yang negatif ini dapat mengganggu tidur dan menyebabkan masalah, seperti kecemasan dan stres.

Selain itu, membuat kamar tidur terasa sempit dan pengap, yang dapat menyebabkan perasaan negatif. Sebaiknya, menyimpan barang di kolong tempat tidur menggunakan kotak atau tas penyimpanan agar tetap rapi serta terorganisir.

Singkirkan semua barang yang tidak lagi digunakan atau tidak perlu. Jangan lupa  membersihkan area di kolong tempat tidur secara teratur untuk membantu menghilangkan debu serta kotoran. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com