Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Warna yang Dapat Membut Tidur Lebih Nyenyak Menurut Feng Shui

Kompas.com - 09/10/2023, 20:57 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng Shui adalah praktik kuno asal Tiongkok yang bertujuan  menciptakan keseimbangan dan harmoni di dalam rumah atau ruangan, termasuk kamar tidur

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan terpenting di rumah karena menjadi tempat beristirahat dan memulihkan energi. 

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan, Bikin Tidur Berkualitas

Menurut feng shui, warna kamar tidur memiliki pengaruh besar pada kualitas tidur. Warna tertentu dapat mempengaruhi aliran qi atau energi serta menciptakan kamar tidur yang lebih seimbang dan harmonis.

Dilansir dari Living Etc, Senin (9/10/2023), berikut enam warna yang dapat membuat tidur lebih nyenyak menurut feng shui. 

Beige atau coklat

Ilustrasi kamar tidur minimalis bergaya skandinavia.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur minimalis bergaya skandinavia.
Beige dan coklat adalah warna yang sering dikaitkan dengan alam. Julia Sarasola, dekorator interior bersertifikat dan praktisi feng shui asal Amerika Serikat mengatakan warna beige dan coklat dapat menciptakan suasana santai serta menenangkan.

Menurut feng shui, beige dan coklat dikaitkan dengan elemen tanah yang melambangkan stabilitas dan dukungan sehingga dapat membantu menciptakan suasana nyaman dan aman di kamar tidur. 

Baca juga: 5 Tata Letak Kamar Mandi yang Dianggap Buruk Dalam Feng Shui

Cream dan putih

Selanjutnya, warna yang dapat membuat tidur lebih nyenyak menurut feng shui adalah cream dan putih.

Anjie Cho, penulis Mindful Homes dan pendidik feng shui asal Amerika Serikat, mengatakan cream dan putih adalah warna netral yang sempurna untuk kamar tidur.

Kedua warna ini dikaitkan dengan elemen logam dalam feng shui. Elemen logam melambangkan kemurnian dan keseimbangan sehingga dapat menciptakan suasana tenang dan nyaman di kamar tidur.

Ochre atau oker

Menurut feng shui, ochre atau oker merupakan warna keberuntungan untuk hidup, tidur, juga beristirahat.

Sarasola mengatakan oker adalah warna yang berasal dari tanah liat dan memiliki nuansa kuning, coklat, atau oranye. Okeer dapat digunakan untuk menciptakan berbagai tampilan, dari lembut, menangkan, lebih berani, hingga bersemangat. 

Baca juga: Aturan Meletakkan Jam Dinding di Rumah Menurut Feng Shui, Bawa Hoki

Pink 

Ilustrasi kamar tidur bernuansa pink.SHUTTERSTOCK / onzon Ilustrasi kamar tidur bernuansa pink.
Pink juga menjadi warna yang dapat membuat tidur lebih nyenyak menurut feng shui sehingga menjadi pilihan bagus untuk kamar tidur yang menenangkan dan elegan.

Sarasola mengatakan warna ini memiliki sifat menenangkan dan merupakan warna untuk cinta dan romansa dalam feng shui. Pink juga dapat menciptakan suasana santai dan menenangkan untuk tidur. 

Hijau muda dan biru muda

Cho mengatakan hijau muda dan biru muda adalah pilihan bagus untuk kamar tidur karena cocok untuk kesehatan dan penyembuhan menurut feng shui. 

Hijau muda adalah warna yang sering dikaitkan dengan alam, keseimbangan, serta  menumbuhkan suasana santai dan menenangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com