Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Cat yang Membuat Kamar Tidur Terasa Lebih Sejuk

Kompas.com - 17/10/2023, 08:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Jakarta dan wilayah di sekitarnya, seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang, belakang ini diserang oleh cuaca panas ekstrem.

Cuaca panas ini terjadi sepanjang hari, dari pagi hingga malam hari. Bahkan pada siang hari, suhu panas bisa mencapai 37 derajat Celsius dan pada malam hari sekitar 30 derajat Celsius. 

Baca juga: Cara Menerapkan Feng Shui di Kamar Tidur Kecil agar Lebih Nyaman

Tentu saja, cuaca panas membuat sejumlah orang tidak nyaman melakukan kegiatan apa pun, terlebih di luar rumah. Tak hanya itu, cuaca panas juga membuat sulit tidur, terutama pada malam hari.

Berbagai cara pun dilakukan untuk membuat rumah dan kamar tidur terasa sejuk serta nyaman pada malam hari sehingga membantu tidur, seperti menyalakan AC atau kipas angin dan menggunakan seprai berbahan dingin.  

Namun, semua hal ini tidaklah cukup. Anda perlu menggunakan desain untuk membantu  mendinginkan kamar tidur, seperti warna cat dinding. Ada beberapa warna cat yang dapat membuat kamar tidur terasa lebih sejuk. 

Dilansir dari Living Etc, Selasa (17/10/2023), berikut empat warna cat yang membuat kamar tidur terasa lebih sejuk.   

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan, Bikin Tidur Berkualitas

Nuansa biru  

Ilustrasi kamar tidur dengan cat biru muda yang bersebelahan pintu.Shutterstock/Wuttichai1983 Ilustrasi kamar tidur dengan cat biru muda yang bersebelahan pintu.
Biru dalam semua warna adalah pilihan bagus untuk mendinginkan Anda. Biru berada di sisi dingin dari roda warna, yang membuat menjadi pilihan nomor satu dalam daftar warna cat kamar tidur yang menyejukkan. Pilihlah warna biru yang lebih dingin. 

Selain roda warna, psikologi warna juga mempengaruhi bagaimana kita merasakan suhu.

James Greenwood, ahli warna di merek cat Graham & Brown, mengatakan mencoba warna-warna dengan nada dingin, seperti biru dan hijau, menciptakan ilusi ruangan yang dingin secara psikologis.

"Warna-warna yang tenang ini juga merefleksikan alam dan menciptakan ruang santai untuk bersantai," kata James. 

Artem Kropovinsky dari studio desain interior yang berbasis di New York, Arsight, mengatakan hanya sedikit warna yang memberikan rasa ketenangan dan kesejukan seperti biru. 

"Hubungan psikologis antara warna biru dan elemen alam, seperti lautan dan langit, memberikan efek pendinginan secara instan. Indigo, teal, atau biru pastel yang lembut dapat memancarkan ketenangan dengan indah," ucapnya.    

Baca juga: 5 Ide Warna Terbaik Kamar Tidur Kecil agar Tampak Menarik

Abu-abu 

Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat abu-abu dan memakai karpet.Shutterstock/BM_27 Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat abu-abu dan memakai karpet.
Selanjutnya, warna cat dapat membuat kamar tidur terasa lebih sejuk adalah abu-abu. Ini adalah warna netral untuk kamar tidur dan dapat mendinginkan ruangan secara ajaib.

"Warna abu-abu muda atau muted charcoal dapat memberikan nuansa lebih sejuk pada kamar tidur," kata Artem.

Dengan keanggunannya yang bersahaja, warna abu-abu ini membawa sentuhan kontemporer sambil mempertahankan rasa ketenangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com