Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanda Septic Tank Penuh yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 30/10/2023, 14:54 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comSeptic tank adalah tempat khusus yang dibuat untuk menampung limbah. Septic tank biasanya dibuat dengan kapasitas tertentu.

Saat digunakan terus menerus, maka septic tank bisa penuh. Jika sudah penuh, maka septic tank perlu dikurang agar bisa digunakan kembali dan tidak mengeluarkan aroma tak sedap.

Lantas, bagaimana cara mengetahui septic tank sudah penuh? Dilansir dari Forbes Home, Senin (30/10/2023), berikut ini tanda septic tank penuh yang perlu diketahui.

Baca juga: 4 Penyebab Septic Tank Cepat Penuh dan Cara Mengatasinya

Saluran pembuangan mampet

Septic tank memiliki saluran pembuangan. Saat septic tank penuh, saluran pembuangan ini akan mampet.

Ilustrasi septic tank penuhShutterstock/Natalia Kokhanova Ilustrasi septic tank penuh

Bahkan, terkadang air banyak menggenang di kloset dan area kamar mandi. Masalah ini biasanya terjadi karena pipa tersumbat oleh kotoran.

Mengeluarkan aroma tak sedap

Selain mampet, tanda septic tank penuh lainnya yaitu mengeluarkan aroma tak sedap. Kondisi ini terjadi karena kotoran tidak terbuang ke area pembuangan.

Aroma tak sedap membuat kamar mandi terasa menjijikan dan kotor. Jika tidak segera diatasi, kamar mandi akan semakin kotor dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

Baca juga: Cara agar Septic Tank di Rumah Tidak Mudah Penuh

Terdapat suara gemericik di dalam pipa

Dalam kondisi ideal, limbah akan mengalir ke saluran pembuangan hampir tanpa suara. Akan tetapi, saat septic tank tersumbat, udara terperangkap di dalam saluran tersebut dan menimbulkan suara gemericik saat limbah menuju ke septic tank.

Terdapat genangan air di halaman rumah

Biasanya, septic tank dibuat di halaman rumah. Saat septic tank penuh, maka air akan meluap dan menyebabkan genangan di halaman rumah.

Bahkan, air dari septic tank bisa mengalir kemana saja yang membuat area rumah menjadi kotor dan bau.

Rumpun dan lumut tumbuh tebal di area septic tank

Air dari septic tank yang meluap termasuk pupuk cair karena mengandung banyak nutrisi dan mineral.

Baca juga: 3 Permasalahan yang Sering Dialami Septic Tank dan Cara Mengatasinya

Apabila air ini mengenai rumput dan lumut di sekitar septic tank, maka rumput dan lumut akan tumbuh subur.

Meski bisa membuat halaman rumah lebih hijau, namun saat melihat banyak pertumbuhan rumput dan lumut di sekitar septic tank, maka Anda perlu mencurigai bahwa septic tank telah penuh.

Terdapat lalat dan hama lain

Ilustrasi septic tank, ilustrasi tangki septik.(SHUTTERSTOCK / Artem Bruk) Ilustrasi septic tank, ilustrasi tangki septik.

Tanda septic tank penuh lainnya yaitu banyak lalat dan hama lain yang bermunculan. Lalat biasanya bertelur dalam saluran air yang basah dan lembap.

Telur tersebut akan menetas dan terbang kemana saja. Kehadiran lalat maupun hama di rumah cukup mengganggu, bahkan tak jarang hama tersebut membawa penyakit.

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Septic Tank Perlu Disedot

Apa yang terjadi apabila septic tank penuh?

Septic tank merupakan tempat menampung limbah, maka dari itu di dalam septic tank terdapat banyak bakteri. Jika septic tank penuh, maka bakteri yang ada dalam tangki bisa menyebar ke berbagai sudut rumah.

Tak hanya itu, septic tank yang meluap juga akan mengeluarkan aroma tak sedap yang mengganggu.

Apabila mengalami kondisi ini, maka sangat disarankan untuk menghubungi jasa profesional untuk menguras dan membersihkan septic tank.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com