Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mengeringkan Baju Saat Musim Hujan dengan Mudah

Kompas.com - 24/10/2023, 12:47 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan sebentar lagi tiba. Setelah kemarau panjang, musim hujan menjadi waktu yang paling dinanti.

Udara segar ketika musim hujan memberikan suasana nyaman dan tenang. Namun, musim hujan tak selalu menyenangkan.

Ada juga hal yang merepotkan ketika musim hujan tiba. Salah satunya saat hendak mengeringkan pakaian yang sudah dicuci.

Mengeringkan pakaian di musim hujan cukup sulit karena penyinaran matahari tidak secerah saat musim kemarau. Jika pengeringan tidak dilakukan dengan benar, maka pakaian bisa mengeluarkan aroma tak sedap.

Baca juga: Jangan Menjemur Pakaian di Luar Ruangan, Ini Alasannya

Lantas, bagaimana cara mengeringkan baju saat musim hujan? Dilansir dari Hello Laundry, Selasa (24/10/2023), simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Biarkan air tetap menetes

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat hendak mengeringkan pakaian di musim hujan yaitu dengan membiarkan air menetes dari pakaian yang sudah dicuci.

Ilustrasi menjemur pakaianSHUTTERSTOCK/MEGO PICTURAE Ilustrasi menjemur pakaian

Tujuannya agar pengeringan pakaian menjadi lebih cepat. Jika Anda mencuci baju dalam mesin cuci, maka Anda harus mengeringkan sebanyak dua atau tiga kali sampai kering maksimal.

Prioritaskan pakaian yang akan dicuci

Saat musim hujan, mengeringkan pakaian membutuhkan waktu lebih lama. Maka dari itu, sebaiknya Anda membuat skala prioritas saat hendak mencuci pakaian.

Baca juga: 6 Keuntungan Menjemur Pakaian di Luar Ruangan

Cuci terlebih dahulu pakaian yang benar-benar kotor dan perlu segera digunakan. Setelah itu, barulah mencuci sisa pakaian kotor yang masih di keranjang pakaian.

Cara ini juga bisa membantu menghemat ruang penjemuran, terutama bagi Anda yang tidak memiliki ruangan cukup luas untuk menggantung pakaian basah. Dengan membuat skala prioritas, maka proses pengeringan pakaian menjadi lebih efektif dan efisien.

Gunakan jemuran besi

Tips mengeringkan baju saat musim hujan selanjutnya yaitu dengan menggunakan jemuran dari besi. Biasanya, jemuran ini berbentuk rak yang mudah dilipat dan diindahkan.

Menjemur dengan alat ini bisa membuat pakaian lebih cepat kering. Anda hanya perlu menggantungkan pakaian pada tiang jemuran dan tunggu sampai pakaian kering. Keuntungan lainnya yaitu Anda bisa menjemur lebih dari satu baju dalam tempat yang sama.

Baca juga: Cara Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan agar Tidak Bau

Menjaga kelembapan dalam ruangan

Kelembapan ruangan sangat mempengaruhi proses pengeringan pakaian di musim hujan. Jaga kelembapan tetap rendah agar pakaian mudah kering.

Ilustrasi setrika, menyetrika pakaian. SHUTTERSTOCK/DAMIAN LUGOWSKI Ilustrasi setrika, menyetrika pakaian.

Anda bisa menjaga kelembapan ruangan dengan menggunakan kantong pembersih udara atau menggunakan kantong garam.

Menyetrika pakaian yang sudah dicuci

Setelah dicuci dan pakaian sudah kering atau setengah kering, Anda bisa menyetrika pakaian tersebut agar lebih cepat kering. Selain membuat pakaian lebih kering, menyetrika pakaian juga bisa membuat pakaian lebih rapi.

Baca juga: Cara Menyetrika Pakaian dengan Tepat dan Aman

Gunakan pengering rambut

Selain mengeringkan menggunakan setrika, Anda juga bisa mengeringkan pakaian menggunakan pengering rambut atau hair dryer. Cara ini bisa membuat pakaian kering dengan mudah dan cepat. Bahkan, Anda bisa mengeringkan pakaian dengan hair dryer saat kondisi terdesak.

Itulah beberapa tips mengeringkan baju saat musim hujan. Cara-cara tersebut bisa membuat pakaian kering dengan cepat dan tidak berbau.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com