Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan agar Tidak Bau

Kompas.com - 17/11/2022, 10:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan terkadang membuat pakaian yang dicuci sulit untuk kering daripada hari-hari cerah sebelumnya. Keadaan cucian yang tidak kering sepenuhnya ini, akan menyebabkan bau tak sedap yang sulit dihilangkan bahkan memerlukan pencucian ulang.

Dilansir Home and Decor, Kamis (17/11/2022) untuk mencegah bau apek timbul saat mengeringkan pakaian, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini. 

1. Tambahkan soda kue ke siklus pencucian untuk pewangi alami

Soda kue menambah kekuatan ekstra pada cucian Anda karena alkalinitasnya yang ringan. Ini dapat membantu menghilangkan bau apak dan memastikan pakaian benar-benar bersih, dan sebagai bonus, ini juga dapat mencuci bagian dalam mesin cuci

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Noda Pasta Gigi pada Pakaian

Ilustrasi baking soda. Shutterstock/Geo-grafika Ilustrasi baking soda.

Tambahkan setengah cangkir soda kue ke muatan jika Anda memiliki mesin cuci bukaan atas, dan seperempat cangkir jika Anda memiliki mesin cuci bukaan depan.

Cara lainnya, Anda bisa merendam pakaian terlebih dahulu dalam larutan soda kue sebagai pra-cuci sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, jika benar-benar berbau.

2. Gunakan rak pengering dengan benar

Hari hujan membatasi jumlah ruang yang dapat Anda gunakan untuk menjemur pakaian, jadi rencanakan beban yang lebih kecil untuk memastikan rak pengering tidak terlalu penuh.

Anda harus menggantung beban kecil lebih sering daripada harus mencuci beban yang sama berkali-kali untuk menghilangkan bau apek

Baca juga: 6 Cara Menjaga Pakaian Tetap Lembut Saat Dijemur di Luar Ruangan

3. Pastikan pakaian dipisahkan dengan benar di pengering

Keterikatan statis atau pakaian yang menggulung di pengering adalah alasan nomor satu untuk penggunaan pengering yang tidak efisien, ini menyebabkan pakaian saling menempel, sehingga udara panas tidak mencapai area tersebut.

Singkirkan ini dengan menambahkan lembar pengering ke muatan cucian, dan pastikan Anda tidak mengeringkan barang yang terlalu besar bersama dengan pakaian, seperti seprai atau selimut misalnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com