Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2022, 07:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengeringkan pakaian saat musim hujan atau cuaca dingin bisa menjadi lebih sulit. 

Hal ini tak lain karena saat musim hujan atau hari-hari tidak terlalu cerah, sinar matahari yang biasa dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian tidak begitu terik, bahkan sama sekali tidak ada muncul. 

Baca juga: 5 Cara Mengeringkan Pakaian Lebih Cepat Saat Musim Hujan

Akibatnya, pakaian yang baru dicuci membutuhkan waktu terlalu lama untuk kering. Padahal, pakaian atau cucian yang lama mengering bisa menyebabkan kelembapan dan bau apak.

Namun, dengan peralatan dan teknik tepat, pakaian bisa mengering dengan sendirinya di udara tanpa perlu menggunakan pengering pakaian. 

Natasha D'Cruz, Manajer Produk di Hills, merek di belakang Hills Hoist yang ikonik, membagikan tips mengeringkan pakaian saat musim hujan dilansir dari Homes to Love, Jumat (4/3/2022).  

Baca juga: Hindari, Ini 6 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menjemur Pakaian 

Manfaatkan hari yang cerah 

Menjemur pakaian di bawah sinar matahari akan menguapkan air dan membuat pakaian keringpixabay.com Menjemur pakaian di bawah sinar matahari akan menguapkan air dan membuat pakaian kering
Ketika musim hujan, terkadang sinar matahari bersinar atau muncul selama beberapa hari dan jam.

Anda bisa memanfaatkan kemunculan sinar matahari untuk menjemur pakaian dan mencuci pakaian. Segera gantung atau menjemur pakaian di luar ruangan

Pilih airer yang tepat 

Pada musim dingin, Anda benar-benar membutuhkan airer atau pengering udara berkualitas baik. Sebaiknya, pilih salah satu berdasarkan ruang yang dimiliki.

Jika memiliki banyak ruang, pilih airer dengan luas permukaan besar. Dengan cara ini, Anda dapat meletakkan barang-barang di dua batang atau lebih, bukan hanya satu, yang akan mengekspos lebih banyak pakaian untuk aliran udara yang lebih baik. 

Baca juga: Ini Alasan Tidak Boleh Menjemur Pakaian Basah di Dalam Ruangan

Apabila kekurangan ruang, airer vertikal sangat bagus karena memanfaatkan ketinggian ruangan, sangat bagus ketika ruang lantai berada pada tingkat premium. 

Selain itu, lihat pemasangan railing airer di ruang mencuci. Semakin besar, semakin baik karena bisa menciptakan lebih banyak ruang di sekitar pakaian, membiarkannya berventilasi, dan lebih cepat kering.  

Baca juga: 3 Alasan Sebaiknya Tidak Menjemur Pakaian di Luar Ruangan 

Lokasi 

Ilustrasi menjemur pakaian, mencuci pakaian.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi menjemur pakaian, mencuci pakaian.
Selain memilih airer yang tepat, menempatkan pakaian di area terbaik di rumah juga sama pentingnya. Atur kamar Anda di ruangan dengan aliran udara besar.

Idealnya, di antara dua jendela, yang dapat dibiarkan terbuka untuk menciptakan ventilasi silang. Anda dapat menempatkan kipas portabel satu meter dari rak untuk memastikan bahwa udara terus mengalir mengenai pakaian.

Selain itu, gunakan dehumidifier sebaik mungkin untuk memastikan kelembapan ruangan dijaga seminimal guna mencegah kelembapan serta pertumbuhan jamur pada pakaian. 

Baca juga: Catat, Ini Cara Mengeringkan dan Menjemur Pakaian agar Tidak Kusut  

Balikan pakaian

Jika menemukan pakaian selalu tertinggal dengan area lembap, atur waktu untuk mengingatkan diri Anda sendiri untuk memutar pakaian saat mengeringkan pakaian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com