Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Peliharaan Suka Bersembunyi di Bawah Tempat Tidur

Kompas.com - 03/03/2022, 22:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa kucing suka bersembunyi di tempat-tempat yang tak terduga seperti di kolong atau bawah tempat tidur.

Dilansir dari Cuteness, Kamis (3/2/2022), ada beragam alasan kucing bersembunyi di bawah tempat tidur, salah satunya merasa tidak nyaman dengan suasana rumah untuk sementara waktu. 

Baca juga: 5 Manfaat Memberikan Mainan Interaktif untuk Kucing Peliharaan

Namun, jika kucing peliharaan tiba-tiba bersembunyi, hal ini bisa menandakan kucing mengalami sakit dan memerlukan pengobatan lebih lanjut. 

Alasan lain karena berada di tempat baru. Kucing peliharaan mungkin akan segera mundur dan mencari tempat persembunyian seperti bawah tempat tidur.

Ini merupakan hal wajar karena lingkungan baru membuat kucing merasa khwatir dan tidak mengetahuinya.  

Baca juga: Bukan Jorok, Ini Alasan Kucing Menyukai Hal yang Berbau

Kucing dewasa dengan trauma masa lalu membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri daripada anak kucing baru yang pemalu.

Untuk mengatasinya, tinggalkan makanan, air, dan kotak pasir kasir di kamar tidur selama satu hingga dua hari pertama. Dengan demikian, kucing akan mulai menyesuaikan diri dengan keluarga barunya. 

Baca juga: Alasan Kucing Suka Menggosokkan Tubuh ke Tanaman Hias

Kucing menyukai waktu sendiri

Ilustrasi kucing bersembunyi di bawah selimut.PIXABAY/CURRIFEX Ilustrasi kucing bersembunyi di bawah selimut.
Setiap kucing memiliki kepribadiannya sendiri. Beberapa kucing menikmati banyak kontak fisik dan lebih suka berada di tempat  mereka dapat mengawasi berbagai hal.

Sebagian kucing lain lebih mandiri, suka menyendiri, dan menghabiskan waktu jauh dari hiruk-pikuk rumah tangga yang sibuk.

Banyak kucing merasa aman barada di ruang sempit seperti bawah tempat tidur untuk beristirahat sejenak. Biarkan kucing sesekali menikmati kesendiriannya di bawah tempat tidur dan kucing akan kembali berkumpul ketika sudah siap.

Kucing memiliki waktu tidur sekitar 15 jam sehari. Jadi, jika kucing sering berada di bawah tempat tidur, berarti itu adalah tempat yang disukai kucing untuk tidur siang. 

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Alasan Kucing Peliharaan Menatap Pemiliknya 

Kucing ketakutan dan sakit 

Namun, ada beberapa kucing yang sering bersembunyi di bawah tempat tidur karena merasa ketakutan dan mengalami sakit.

Suara keras seperti piring pecah bisa membuat kucing ketakutan, tergantung pada kepribadian kucing. Kucing mungkin akan lari ketakutan untuk bersembunyi di bawah tempat tidur selama semalaman. 

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Dielus di Bagian Kepalanya? Ternyata Ini Alasannya

Ilustrasi kucing bersembunyi.SHUTTERSTOCK/KATFOX.ART Ilustrasi kucing bersembunyi.
Seekor kucing yang cemas akan bersembunyi setiap kali ada suara keras atau tamu yang tidak dikenal. Tidak apa-apa membiarkan kucing peliharaan berada di bawah tempat tidur, tetapi jangan menghukum perilakunya.

Sebaiknya, berbicara kepada kucing dengan suara tenang dan biarkan sahabat bulu keluar dari persembunyiannya saat sudah siap.

Selain itu, sudah menjadi naluri alami bagi kucing untuk menyembunyikan penyakit dan cedera yang dialaminya dari pemiliknya. Kucing lebih memilih bersembunyi di tempat tenang dan tertutup di bawah tempat tidur. 

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Hal yang Membuat Kucing Saling Menampar Satu Sama Lain

Untuk itu, penting memperhatikan kebiasaan dan perubahan perilaku kucing peliharaan. Amati juga tanda-tanda penyakit seperti muntah, batuk, diare, sembelit, dan lesu serta perubahan pola makan. 

Kucing yang sedang sakit menunjukkan perilaku lain seperti mendengkur atau merawat diri (menjilati tubuh) secara berlebihan.

Jika kucing peliharaan menunjukkan salah satu dari tanda-tanda ini, Anda patut mencurigai bahwa kucing sedang sakit dan segera bawa ke dokter hewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com