Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi Kutu Putih Pakai Bumbu Dapur, Mudah Dilakukan

Kompas.com - 23/10/2023, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hama yang menyerang tanaman hias adalah kutu putih. Kutu putih memakan getah dan meninggalkan cairan lengket yang mendorong tumbuhnya jamur pada daun tanaman.

Dikutip dari House Digest, Senin (23/10/2023), hama tanaman, termasuk kutu putih, dapat menimbulkan banyak kerusakan jika Anda membiarkan serangannya tidak terkendali.

Ada banyak cara berbeda untuk membasmi kutu putih, mulai dari membasuhnya dengan air mengalir hingga menggunakan alkohol isopropil untuk membunuhnya, membeli semprotan sabun insektisida komersial atau minyak nimba, atau bahkan memanfaatkan koloni serangga predator.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman, Semprotkan Sabun Cair

Ilustrasi kutu putih, hama kutu putih pada tanaman.SHUTTERSTOCK/TBAMPHOTO Ilustrasi kutu putih, hama kutu putih pada tanaman.

Namun, jangan khawatir, Anda bisa membasmi kutu putih menggunakan beberapa bumbu dapur yang mungkin sudah Anda miliki di rumah, yakni bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Anda dapat dengan mudah membuat semprotan pembasmi kutu putih buatan sendiri dengan bumbu dapur.

Dampak sensorik dari unsur-unsur yang ditemukan dalam bawang putih yang berbau, belerang dalam bawang putih dan bawang bombay, serta capsaicin, yakni bahan pengiritasi dalam cabai, yang membuat kutu putih tunggang langgang.

Berikut cara membasmi kutu putih menggunakan bumbu dapur.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Aglonema

Pertama-tama, Anda perlu mempersiapkan bahan berupa satu umbi bawang putih utuh, satu bawang bombay kecil, satu sendok teh cabai bubuk, blender atau food processor, satu liter air, sedikit kain katun tipis untuk menyaring, dan satu sendok makan sabun cuci piring.

 

Anda juga memerlukan botol semprot dan kulkas jika ingin larutan pembasmi kutu putih tetap segar sepanjang minggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com