Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2023, 21:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Weekand

JAKARTA, KOMPAS.com - Sage (Salvia officinalis) termasuk dalam keluarga mint dan menghasilkan daun berbentuk bulat telur berwarna hijau keabu-abuan di sepanjang batangnya yang berkayu.

Tanaman sage tumbuh baik di bawah sinar matahari penuh dan tanah yang cepat kering. Sage termasuk dalam tanaman herbal.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Sage di Pot di Dalam Ruangan

Daun tanaman sage mengeluarkan aroma kuat dan menghasilkan minyak yang menambah cita rasa pada hidangan kuliner. Aroma daun sage juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk di rumah. 

Anda dapat membuat pengusir nyamuk buatan sendiri menggunakan batang sage kering. 

Nah, dilansir dari Weekand, Jumat (20/10/2023), berikut cara membuat pengusir nyamuk dari batang sage.  

Baca juga: 11 Tanaman Hias Berwarna Sage Green yang Dapat Mempercantik Rumah

Ilustrasi tanaman sage.PIXABAY/DARJA Ilustrasi tanaman sage.
1. Siram tanaman sage dengan selang taman satu hari sebelum panen. Siramkan air pada pagi hari agar daun-daunnya mengering sebelum malam tiba.

2. Panen 15 sentimeter bagian atas batang sage pada pagi hari saat tanaman mengandung paling banyak air dan minyak.

Potong setiap batang sage dengan gunting pangkas, 1/4 inci di atas batang lateral atau kumpulan daun. Ulangi proses ini untuk mengumpulkan batang sebanyak yang diinginkan.

3. Selanjutnya, cara membuat pengusir nyamuk dari batang sage adalah membilas batang tanaman dengan air bersih. Kumpulkan lima hingga delapan batang pada ujungnya yang sudah dipotong. 

Baca juga: 5 Manfaat Tanaman Sage, Menurunkan Kolesterol hingga Obat Diare

Lilitkan ujung tali sepanjang 25 sentimeter di sekeliling tandan, 2,5 sentimeter di bawah ujung yang dipotong. Ikat tali dengan simpul untuk menahan batang pada tempatnya.

4. Buat lubang udara di kantong kertas coklat dengan pisau. Masukkan batang sage dengan bagian atas menghadap ke bawah ke dalam kantong.

Biarkan lima sentimeter bagian bawah dari ujung batang sage yang dipotong menggantung keluar dari lubang tas. Lilitkan karet gelang di sekitar bagian atas tas untuk menutupnya di sekitar batang.

5. Kemudian, cara membuat pengusir nyamuk dari batang sage adalah menggantung kantong sage dengan tali di ruangan gelap dengan suhu konstan 21-26 derajat Celsius. Biarkan batang sage selama dua hingga tiga minggu agar batangnya mengering. 

Baca juga: Simak, Cara Menanam Tanaman Sage di Dalam Ruangan Pakai Pot

Ilustrasi tanaman sagePixabay/Hans Ilustrasi tanaman sage
6. Tarik batang sage yang sudah kering keluar dari kantong dan lepaskan ikatannya. Sebarkan batang di atas permukaan datar.

Dorong penggilas adonan bolak-balik berulang kali di atas batang sage untuk menghancurkannya menjadi potongan-potongan kecil.

7. Tuang 32 ons cuka sari apel ke dalam botol. Tambahkan 10 sendok makan batang sage yang sudah dihancurkan ke dalam botol. Tutup botol dan kocok bolak-balik. Kocok botol sekali sehari selama dua hingga tiga minggu.

8. Terakhir, cara membuat pengusir nyamuk dari batang sage adalah menuangkan cairan melalui saringan ke dalam botol kedua untuk membuang serpihan-serpihan sage.

Campurkan satu bagian air dan satu bagian pengusir nyamuk ke dalam botol semprot. Semprotkan obat nyamuk pada kulit atau pakaian sebelum keluar rumah untuk mengusir nyamuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com