Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tren Desain Interior yang Membutuhkan Perawatan Lebih Rutin

Kompas.com - 17/10/2023, 18:33 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren desain interior terus berkembang dari waktu ke waktu yang dipengaruhi  berbagai faktor, seperti gaya hidup, teknologi, dan perubahan sosial.

Tren desain terus menghadirkan berbagai gaya dan tampilan baru yang menarik. Namun, tidak semua tren desain interior dapat bertahan lama serta mudah dirawat. 

Baca juga: 3 Desain Interior yang Harus Dihindari di Rumah, Bawa Feng Shui Buruk

Beberapa tren desain interior justru membutuhkan perawatan lebih intensif, seperti pembersihan secara berkala. Jadi, jika ingin menerapkannya di rumah, Anda harus siap membersihkannya. 

Dilansir dari Real Simple, Selasa (17/10/2023), berikut lima tren desain interior yang membutuhkan perawatan lebih rutin.

Furnitur akrilik

Kristina Phillips, desainer interior di Kristina Phillips Interior Design—studi desain interior asal Amerika Serikat—mengatakan furnitur akrilik yang transparan dan tahan lama ini dapat menjadi pilihan bagus untuk ruang kecil karena dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Namun, furnitur akrilik juga bisa menjadi tantangan untuk dibersihkan dan dirawat sehingga penting merawatnya dengan benar untuk mencegahnya menguning atau rusak.

Anda perlu menghindari paparan sinar matahari langsung dan bahan pembersih yang mengandung amonia karena menyebabkan furnitur akrilik menguning. Sebaiknya, membersihkan furnitur akrilik secara teratur dengan kain lembut dan lembap.  

Baca juga: Berapa Biaya Memakai Jasa Desainer Interior untuk Mendesain Rumah?

Furnitur bergelombang

Selanjutnya, desain interior yang membutuhkan perawatan lebih rutin adalah furnitur bergelombang dapat. Ini menjadi tren desain interior yang sangat menarik, tetapi bisa menjadi tantangan membersihkannya.

Alur-alur kecil di furnitur bergelombang dapat dengan cepat mengumpulkan debu dan kotoran, yang dapat membuat furnitur terlihat kusam serta kotor.

Karena itu, perlu melakukab perawatan secara teratur dengan vacuum cleaner atau kain lembut dan lembap untuk menghilangkan debu serta kotoran dari alur.

Namun, hindari menggunakan bahan pembersih keras atau kasar karena dapat merusak permukaan furnitur. 

Baca juga: 4 Kesalahan Desain Interior yang Bikin Rumah Tampak Ketinggalan Zaman

Sofa dan kursi bouclé

Sofa dan kursi bouclé adalah furnitur cantik dan nyaman yang biasanya terbuat dari bahan wol atau polyester. Namun, keduanya juga menjadi desain interior yang memerlukan perawatan intensif.

Tekstur bouclé ini dihasilkan dari proses penenunan yang menggunakan benang-benang dililit dan ditarik. Loop kain dengan tumpukan tinggi dapat dengan cepat menyerap kotoran serta pewarna, terutama dari denim.

Untuk menghilangkan noda dari denim, Anda dapat mencoba menggunakan campuran air dan beberapa tetes penghilang noda. Jangan menggosoknya terlalu keras saat membersihkan karena dapat merusak tekstur kain.

Jika sofa dan kursi bouclé terkena noda membandel, Anda dapat membawanya ke profesional untuk dibersihkan. 

Baca juga: 6 Pilihan Warna Interior Gaya Skandinavia, Ciptakan Nuansa Teduh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com