Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemunculan nyamuk di rumah tentu tak hanya mengganggu, tetapi juga membawa penyakit, seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya. 

Selain itu, nyamuk juga memberi rasa gatal, merah, serta bentol-bentol ketika menggigit. Untungnya, mengusir nyamuk dari rumah mudah dilakukan dan memiliki ragam cara.  

Baca juga: 4 Cara Membasmi Nyamuk dari Rumah Secara Alami

Biasanya, orang memilih cara lebih cepat mengusir nyamuk dari rumah dengan menggunakan semprotan pembasmi nyamuk.

Namun, cara ini dinilai kurang aman lantaran mengandung bahan kimia yang dapat berdampak buruk pada kesehatan dalam jangka panjang saat tak sengaja menghirupnya. 

Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan cara alami, seperti tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini juga dapat mempercantik ruangan dan memberi ketenangan. 

Nah, dilansir dari Real Home, Selasa (17/10/2023), berikut sejumlah tanaman yang ampuh mengusir nyamuk di rumah

Baca juga: 4 Warna Cat yang Dapat Menarik Nyamuk Masuk ke Rumah, Jangan Digunakan

Marigold

Ilustrai bunga marigold.Shutterstock/NatureVenture Ilustrai bunga marigold.
Bunga marigold berwarna kuning dan oranye yang cantik rupanya dapat mengusir nyamuk dari rumah. Hal ini karena bunga marigold mengandung Pyrethrum, bahan yang sering digunakan dalam pengusir serangga. 

Selain itu, bunga marigold memiliki aroma unik yang membuat jijik sebagian besar hewan melata, merayap, dan hewan berkaki pendek, yang juga dikenal sebagai serangga.

Kemangi

Selain sebagai tambahan sempurna untuk pesto, pasta, pizza, dan hidangan lainnya, kemangi juga menjadi tanaman pengusir nyamuk di rumah. 

Kemangi memiliki aroma unik yang membuat jijik sebagian besar nyamuk, serangga, dan hewan merayap.  

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk Pakai Kayu Manis dan Cengkeh, Mudah Dilakukan

Mint

Tanaman herba mintUnsplash Tanaman herba mint
Mint memiliki rasa serta aroma segar untuk menambahkan rasa pada makan dan minuman. Rupanya, mint juga menjadi tanaman yang ampuh mengusir nyamuk dari rumah.

Selain nyamuk, mint dapat mengusir semut dan lalat. Serangga tidak tahan dengan aroma menyegarkan dari tanaman ini.

Serai

Jika ingin melindungi diri sendiri dan anggota keluarga dari nyamuk, Anda harus menanam serai di dalam serta di sekitar rumah.

Serai, yang secara lokal dikenal sebagai tanglad, juga dapat digunakan untuk menambah rasa pada makanan dan minuman. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk es teh. 

Baca juga: 6 Tanaman Pengusir Nyamuk dan Serangga Secara Alami, Apa Saja?

Geranium

Ilustrasi bunga geranium.Shutterstock/oxanochka2003 Ilustrasi bunga geranium.
Selanjutnya, tanaman yang ampuh mengusir nyamuk di rumah adalah geranium. Tanaman bunga cantik berwarna-warni juga dapat menambah warna pada ruang pribadi. 

Rosemary

Tanaman rosemary digunakan untuk membuat berbagai hidangan, seperti daging ayam, atau sapi terasa lebih lezat. Namun, ternyata, rosemary juga menjadi tanaman pengusir nyamuk. 

Baca juga: Apa Benar Tanaman Rosemary Bisa Mengusir Nyamuk? Ini Penjelasannya

Lavender

Terakhir, tanaman yang ampuh mengusir nyamuk di rumah adalah lavender. Tanaman berwarna ungu dan memiliki aroma menenangkan serta membuat rileks ini bisa ditanam di dalam pot maupun di kebun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com