Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Pencahayaan yang Dibutuhkan Rumah, Apa Saja?

Kompas.com - 14/10/2023, 09:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan yang baik membuat ruangan dan suasana di dalamnya terlihat lebih baik.

Ruangan yang cukup terang harus memiliki pencahayaan berlapis dari berbagai sumber yang mencakup pencahayaan ambien atau pencahayaan umum, pencahayaan tugas untuk membaca, menyiapkan makanan, atau bekerja di meja kerja, dan pencahayaan aksen dekoratif yang menciptakan suasana. 

Baca juga: 5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Lampu Ruang Keluarga

Memilih perpaduan lampu yang tepat dapat membantu menciptakan suasana yang seimbang dan mengundang dari ruang keluarga ke dapur, kamar mandi, kamar tidur, dan seterusnya.

Tak hanya itu, perlengkapan lampu juga kerap berfungsi sebagai elemen dekorasi yang dapat mempercantik desain ruangan, bahkan ketika lampu dimatikan.

Nah, dikutip dari The Spruce, Sabtu (14/10/2023), berikut sejumlah jenis pencahayaan yang dibutuhkan rumah. 

Lampu lantai

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hitam dan putih.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hitam dan putih.
Lampu lantai, yang juga dikenal sebagai standing lamp, tersedia dalam berbagai bentuk dan gaya yang dapat disesuaikan dengan berbagai area rumah.

Dari perspektif desain, lampu lantai kerap menjadi dekorasi yang menambah daya tarik ruangan, bahkan saat dimatikan.

Format yang lebih besar, seperti lampu busur, lampu kolom, lampu tripod, atau lampu lantai besar, paling cocok untuk ruangan besar, seperti ruang keluarga atau atap terbuka.

Standing lamp atau lampu berdiri dengan profil lebih kecil, seperti lampu lantai baca dari logam, dapat diletakkan di belakang kursi berlengan atau ujung sofa. Lampu obor yang tinggi dan tipis dapat ditempatkan di sudut-sudut. 

Baca juga: 3 Kesalahan Memilih Pencahayaan di Ruangan

Lampu meja

Selanjutnya, jenis pencahayaan yang dibutuhkan rumah adalah lampu meja. Lampu meja tersedia dalam berbagai ukuran, ketinggian, gaya, dan bahan.

Namun, semuanya dirancang untuk ditempatkan pada permukaan datar, seperti meja nakas, meja samping di lorong, credenza di ruang tamu, atau di atas meja dapur untuk lapisan ekstra pencahayaan atmosfer saat bersantap.

Lampu meja memiliki berbagai gaya, dari klasik, industrial, hingga kontemporer. Kualitas cahaya yang dihasilkan lampu meja melibatkan banyak faktor, termasuk pilihan kap lampu dan bohlam, ketinggian lampu, dan apakah lampu tersebut dilengkapi peredup atau tidak.

Sampai saat ini, lampu meja memerlukan stopkontak di dekatnya untuk dicolokkan, tetapi sekarang ini produsen lampu menawarkan bertenaga LED yang bisa diisi daya menggunakan kabel USB dan dipindah-pindahkan sesuai keinginan. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Ruang Tamu Lebih Terang Tanpa Banyak Lampu

Lampu tugas 

Ilustrasi dapur farmhouse modern.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi dapur farmhouse modern.
Mereka yang bekerja di depan layar komputer mungkin tergoda menggunakan lampu meja untuk menambahkan cahaya sekitar ke meja kerja.

Namun, jika menggunakan meja untuk tugas-tugas lain, seperti meninjau dokumen, menulis atau membuat sketsa dengan tangan, sebaiknya menggunakan lampu tugas atau desk. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com