Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Repotting Tanaman Hias dengan Tepat

Kompas.com - 26/09/2023, 20:18 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Repotting adalah proses pemindahan tanaman hias dari pot lama ke pot baru yang lebih besar. Tujuan repotting adalah untuk memberi ruang tumbuh yang lebih luas bagi akar tanaman hias.

Repotting tanaman hias adalah salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tanaman.

Kegiatan ini juga dilakukan saat pot tanaman sudah terlalu kecil ataupun rusak, serta untuk mengganti media tanam yang sudah lama dan tidak subur lagi.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Repotting Tanaman Anggrek

Ilustrasi merepotting tanaman hias.Shutterstock/Simol1407 Ilustrasi merepotting tanaman hias.

Dikutip dari Living Etc, Selasa (26/9/2023), berikut adalah lima cara repotting tanaman hias Anda dengan tepat di rumah.

1. Periksa apakah tanaman hias memerlukan repotting

Salah satu cara untuk mengetahui apakah tanaman hias di rumah perlu dilakukan repotting, yang paling mudah adalah dengan memeriksa akarnya.

Jika akar tanaman mulai berputar di dalam pot atau akarnya mulai menonjol keluar dari bagian bawah, maka tanaman perlu direpotting.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa ukuran pot dari tanaman hias. Jika potnya sudah terasa sempit, maka Anda perlu menggantinya dengan pot yang lebih besar.

Baca juga: Kapan Harus Repotting Tanaman? Ini Penjelasannya

Emma O’Neill dari Garden Organic mengatakan, waktu untuk melakukan repotting tanaman hias bergantung pada ukuran dan laju pertumbuhan dari tanaman itu sendiri.

Tanaman hias yang lebih besar rata-rata memerlukan repotting antara dua sampai lima tahun, sedangkan tanaman hias yang lebih kecil antara 12 sampai 18 bulan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com