Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/09/2023, 15:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comTikus adalah hewan pengerat yang menjadi hama di rumah. Hewan mamalia ini sering merusak barang-barang di rumah, salah satunya kabel.

Kondisi ini tentu sangat berbahaya, sebab kabel yang rusak akibat tergigit tikus bisa menyebabkan korsleting listrik sampai kebakaran.

Tak hanya itu, kabel yang terbuka akibat gigitan listrik juga bisa menyebabkan sengatan listrik apabila tidak sengaja tersentuh. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus Pakai Garam, Tepung, dan Deterjen

Dilansir dari Hawx Pest Control, Selasa (26/9/2023), berikut ini cara agar kabel di rumah tidak dimakan tikus.

Tutup area rumah yang menjadi jalan masih tikus

Salah satu cara mencegah agar rumah tidak terdapat tikus yaitu dengan menutup semua jalan masuk tikus, seperti; saluran air, pintu, loteng, dan lain sebagainya.

Selain bisa mencegah agar kabel tidak digigit tikus, menutup semua jalan masuk juga bisa menghindari kekacauan dalam rumah akibat adanya tikus.

Ilustrasi keju untuk perangkap tikus. SHUTTERSTOCK/BILLION PHOTOS Ilustrasi keju untuk perangkap tikus.

Pasang jebakan tikus

Cara efektif untuk mengusir atau memusnahkan hama ini yaitu dengan membuat jebakan tikus. Jebakan ini bisa ditempatkan di area yang sering dilalui tikus.

Jangan lupa untuk memberikan umpan berupa makanan tikus, seperti ikan. Nantinya, saat tikus memakan umpan, maka mereka akan terjebak dan akhirnya mati.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Membasmi Tikus di Rumah

 

Jenis jebakan yang bisa digunakan yaitu jebakan seperti kandang atau jebakan menggunakan lem tikus.

Meskipun cukup efektif, Anda perlu berhati-hati agar jebakan tikus tidak mengenai hewan lain. Apabila di rumah terdapat hewan peliharaan, pastikan jebakan tersebut tidak terjangkau oleh hewan peliharaan.

Jaga kebersihan lingkungan

Tikus merupakan hewan yang sering menempati tempat-tempat kotor. Untuk mencegah keberadaan tikus di rumah, maka sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Anda perlu membuang sampah dengan rutin agar tidak menjadi rumah untuk tikus. Selain itu, pastikan juga area kamar mandi dalam kondisi bersih. Jika terdapat makanan yang belum habis, segeralah untuk menyimpan di tempat yang aman.

Baca juga: 4 Cara Mengusir Tikus dari Halaman Rumah Tanpa Pakai Perangkap

Lindungi kabel

Cara agar kabel di rumah tidak dimakan tikus bisa dengan melindungi kebal menggunakan selongsong khusus untuk kabel. Biasanya, selongsong ini terbuat dari logam yang tidak mudah digigit tikus.

Selain aman dari gigitan tikus, selongsong ini juga bisa mencegah kabel putus akibat salah menggulung kabel setelah digunakan.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah kabel rusak akibat gigitan tikus. Meski sudah melakukan upaya pencegahan, tetaplah waspada dengan rutin mengecek kondisi kabel di rumah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com