Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menata Ruang Bermain Anak agar Nyaman Saat Digunakan

Kompas.com - 18/09/2023, 21:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang bermain merupakan area yang penting diperhatikan para orang tua. Sebab, di ruangan ini anak-anak banyak menghabiskan waktunya untuk bermain hingga belajar.

Biasanya, terdapat banyak mainan dan barang-barang anak di ruangan tersebut. Maka dari itu, para orang tua perlu menata ruang bermain anak senyaman mungkin agar anak-anak bisa bermain dengan leluasa.

Dilansir Homes and Gardens, Senin (18/9/2023), berikut ini sejumlah tips menata ruang bermain anak yang bisa Anda ikuti.

Baca juga: Simak, Tips Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah

Kategorikan item yang ada di ruangan tersebut

Sebelum mulai menata ruang bermain, anda perlu menyortir item yang ada di ruangan tersebut. Setelah menyortir, Anda bisa mengelompokkan berdasarkan jenisnya.

Kemudian, memasukkan ke dalam wadah yang sama dan buat label agar lebih mudah saat mencarinya.

Ilustrasi ruang bermain anakShutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang bermain anak

Mengurangi permainan dalam ruang bermain anak

Tak dipungkiri, ruang bermain anak terdapat banyak barang-barang sehingga membuat ruangan terasa sempit.

Maka dari itu, langkah awal yang perlu dilakukan yaitu mengurangi permainan maupun barang-barang yang ada dalam ruangan tersebut.

Anda bisa mendonasikan barang-barang yang masih layak pakai. Sementara itu, permainan yang sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki bisa dibuang atau disingkirkan.

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Ruang Bermain Anak yang Nyaman di Rumah

Sebelum membeli permainan baru, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu permainan yang rusak. Cara ini bisa mencegah penumpukan permainan di dalam ruang bermain anak.

Pilih tempat penyimpanan terbuka

Tips menata ruang bermain anak selanjutnya yaitu memilih tempat penyimpanan terbuka. Cara ini bisa mempermudah anak mengembalikan mainan ke tempat asalnya.

Anda bisa menggunakan keranjang dengan pegangan agar anak tidak perlu membuka tutup penyimpanan tersebut.

Perhatikan aksesibilitas

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menata ruang bermain anak yaitu pertimbangkan aksesibilitas. Siapkan tempat penyimpanan yang rendah untuk mainan favorit anak, agar anak-anak bisa mengambil sendiri barang yang dibutuhkannya.

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Ruang Bermain Anak agar Si Kecil Betah Main di Rumah

Hal ini bisa mengajarkan anak agar bisa mandiri. Selain itu, permainan yang perlu pengawasan khusus saat bermain, sebaiknya disimpan di area yang tidak mudah dijangkau anak.

Dengan demikian, saat anak hendak menggunakan permainan tersebut, mereka akan meminta bantuan Anda. Cara ini membuat Anda lebih mudah saat mengawasi anak bermain.

Jaga kebersihan dan kerapian ruangan

Tips menata ruang bermain anak selanjutnya yaitu menjaga kebersihan ruangan dengan rutin membersihkannya. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan tempat sampah tertutup agar anak bisa belajar membuang sampah di tempat dan membantu menjaga kebersihan ruangan.

Selain membersihkan ruangan, jangan lupa untuk selalu merapikan permainan setiap hari. Dengan demikian, ruangan bermain tetap nyaman saat ditempati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com