Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 5 Benda dan Area yang Kotor di Ruang Tamu

Kompas.com - 06/09/2023, 14:27 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Home Lane

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu merupakan tempat menerima tamu dan terkadang juga menjadi ruangan bersantai bersama keluarga.

Kebersihan ruang tamu juga perlu diperhatikan selain menjaga barang-barang tetap teratur. Ada beberapa area di ruang tamu yang perlu diperhatikan saat membersihkan rumah karena dapat menyimpan kotoran.

Baca juga: Area Paling Kotor di Dapur dan Cara Membersihkannya

Jika tidak, hal ini dapat membuat ruang tamu terasa kurang nyaman serta tidak sedap dipandang.

Untuk memudahkan Anda membersihkan ruang tamu secara menyeluruh, berikut sejumlah benda dan area yang kotor di ruang tamu dan cara membersihkannya dikutip dari Home Lane, Rabu (6/9/2023).

Area pintu masuk

Ilustrasi lampu yang terletak di area pintu masuk rumah atau foyer.Shutterstock/Ursula Page Ilustrasi lampu yang terletak di area pintu masuk rumah atau foyer.
Area pintu masuk rumah atau foyer bisa mengumpulkan kotoran yang berasala dari alas kaki dan debu yang terbawa angin saat membuka pintu.

Utuk memastikan area foyer tetap bersih dan tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri, penting membersihkannya secara berkala.

Berikut cara membersihkan area pintu masuk.

  • Kosongkan area pintu masuk untuk membersihkannya secara mendalam.
  • Untuk menghilangkan debu dan kotoran, sapu dan sedot debu di lantai. Singkirkan debu dan sarang laba-laba yang menempel sekeliling ruangan, seperti lampu, dinding, plafon, dan dekorasi dinding.
  • Pel lantai dan bersihkan pintu serta jendela dengan kain dan air sabun.
  • Dinsinfeksi area yang sering disentuh, seperti gagang pintu, sakelar lampu, hingga gantungan kunci.

Baca juga: 5 Benda yang Harus Ada di Area Pintu Masuk Rumah untuk Keberuntungan

Karpet

Selanjutnya, benda dan area yang kotor di ruang tamu adalah karpet. Karpet dapat menjadi magnet kotoran sehingga penting membersihkannya secara berkala.

Untuk membersihkan karpet, gunakan campuran detergen ringan dan air suling. Sebaiknya, jangan menggunakan terlalu banyak sabun jika karpet terbuat dari wol.

Untuk menghilangkan noda, gunakan pembersih noda yang tersedia di pasaran. Bisa pula menggunakan bahan alami, seperti mencampurkan satu bagian cuka putih dengan tiga bagian air.

Kemudian, masukkan sikat pembersih ke dalam larutan, gosokkan karpet dengan lembut, dan serap kelembapan berlebih menggunakan kain.

Baca juga: 6 Warna Karpet untuk Ruang Tamu, Apa Saja?

Pelapis sofa

Ilustrasi sofa abu-abu.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa abu-abu.
Sofa ruang tamu tak jarang digunakan untuk makan serta menikmati waktu bersama keluarga. Namun, seiring penggunaan, sofa dapat terkena tumpahan, noda, dan kotoran.

Untuk membersihkan sofa, mulailah membaca label perawatan, kemudian lanjutkan langkah-langkah berikut.

  • Mulailah menyikat sofa untuk mengangkat kotoran.
  • Taburi sedikit baking soda ke soda dan diamkan selama 20 menit.
  • Buat larutan pembersih serbaguna dengan mencapurkan satu sendok teh cairan pencuci piring, satu sendok makan cuka putih, dan 236,5 mililiter air hangat ke dalam botol semprot kecil, dan tambahkan satu sendok teh baking soda. 
  • Seka sofa dengan larutan pembersih tersebut dan hindari menggosoknya dengan kasar.
  • Akhiri dengan membiarkan kain mengering selama beberapa jam.

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Sofa Suede

Rak buku

Bersihkan rak buku secara berkala. Jika rak buku sudah penuh, saatnya menyumbangkan atau menjual buku yang tidak diperlukan atau sudah selesai dibaca.

Sebab, rak buku yang terlalu penuh bisa membuat ruang tamu terlihat berantakan. Bersihkan pula foto-foto, karya seni dinding, kipas angin plafon, hingga lampu aksen.

Baca juga: 15 Ide Dekorasi Rak Buku Kreatif Yang Penuh Gaya

Rak sepatu

Terakhir, benda dan area yang kotor di ruang tamu adalah rak sepatu. Keluarkan semua sepatu serta jemur di bawah sinar matahari selama beberapa waktu sebelum memasukkannya kembali.

Bersihkan kotoran yang menempel dengan kain lembap. Pastikan mengeringkan sepatu sebelum memasukkannya kembali. Jangan lupa, membersihkan pula keset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com