Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Cara Membersihkan Ruang Keluarga

Kompas.com - 14/07/2021, 21:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga menjadi salah satu ruangan di rumah yang paling sering digunakan. Ruang keluarga biasanya menjadi tempat untuk berkumpul, bercengkrama, menonton televisi, bermain game, dan membaca buku.

Lantaran sering digunakan, tak heran ruang keluarga mudah kotor dan berantakan. Untuk itu, penting untuk merapikan dan membersihkan ruangan keluarga. 

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan di Ruang Keluarga

Ruang keluarga yang rutin dibersihkan tidak hanya membuat ruangan bersih, tetapi juga rapi, indah, serta mengundang. Untuk membersihkannya, ada beberapa kiat yang perlu dilakukan.

Melansir dari laman Hunker, Rabu (14/7/2021), berikut ini cara mudah membersihkan ruang keluarga

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Keluarga Terbaik Menurut Desainer Interior 

Rapikan ruangan

Langkah pertama membersihkan ruang keluarga adalah menyingkirkan barang-barang yang tidak seharusnya berada di ruang keluarga seperti buku, permainan, sepatu, mainan hewan peliharaan, serta peralatan olahraga.

Bersihkan lampu dan perlengkapan lampu

Mulailah dari bagian atas ruangan sehingga debu yang jatuh akan dibersihkan pada langkah selanjutnya. Bersihkan perlengkapan lampu dengan tongkat debu atau kain pembersih mikrofiber.

Baca juga: 5 Desain Sederhana yang Bisa Percantik Ruang Keluarga

Untuk, kipas langit-langit atau plafon dapat dibersihkan dengan meletakkan sarung bantal di setiap bilah, lalu tekan perlahan saat Anda menarik sarung bantal dari setiap bilah kipas.

Hal ini memungkinkan debu untuk tetap berada di sarung bantal. Dengan demikian, mencegah debu berjatuhan di lantai atau perabotan. Gunakan rol serat untuk menghilangkan debu dari kap lampu. 

Baca juga: 8 Langkah Menciptakan Feng Shui yang Baik di Ruang Keluarga

Membersihkan bantal sofa

Bantal sofa di ruang keluarga juga perlu dibersihkan. Bersihkan semua bantal lempar yang tidak bisa dicuci dan cuci sarung bantal yang bisa dilepas sesuai dengan label instruksi. 

 

Membersihkan sofa

Selanjutnya, bersihkan sofa. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan bagian atas sofa.

Bila memiliki hewan peliharaan di rumah, gunakan lint roller untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan yang menempel di bagian belakang sofa. 

Baca juga: Jangan Lupa Bersihkan 8 Benda di Ruang Keluarga Ini

Bersihkan debu dari furnitur

Jangan lupa membersihkan meja kopi, rak buku, meja samping, dan rak perapian, area permainan, dan elemen dekorasi lainnya. 

 

Bersihkan karpet

Apabila menggunakan karpet di ruang keluarga, bersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner di luar ruangan agar debu dan kotoran yang menempel tidak kembali ke dalam rumah.

Jika karpet dapat dicuci, cucilah mengikuti instruksi label atau pabrik. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Ruang Keluarga Kecil agar Terlihat Luas dan Menarik

Mengepel lantai

Langkah terakhir membersihkan ruang keluarga adalah menyapu dan mengepel lantai. Bila memakai lantai kayu atau laminasi, gunakan pel lantai dan larutan mikrofiber.

Jika memakai keramik, pel menggunakan larutan pembersih dengan aroma yang menyegarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com