Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tugas Perawatan Rumah yang Harus Dilakukan Setiap Pemilik

Kompas.com - 02/09/2023, 08:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah adalah salah satu aset berharga dan penting sehingga perlu mendapat perawatan. 

Perawatan rumah tak lain bertujuan menjaga rumah dari kerusakan, baik struktur bangunan maupun sistem di dalamnya, serta membuat hunian bertahan lama.  

Baca juga: 4 Tips Perawatan agar Furnitur Tetap Terlihat Mewah

Pasalnya, seiring berjalannya waktu, struktur bangunan, sistem kelistrikan, dan saluran air bisa mengalami kerusakan atau tidak berfungsi optimal. 

Baik Anda baru dalam hal kepemilikan rumah, sudah berpengalaman, maupun ingin mengasah kemampuan, ada tugas-tugas perawatan rumah yang layak diketahui.

Meski Anda sudah terbiasa dengan beberapa proyek perawatan rumah, seperti menguras saluran pembuangan atau mengganti filter udara, ada beberapa tugas yang mungkin masih baru. Bahkan, tidak menyadari bahwa beberapa hal dalam daftar ini perlu dirawat. 

Mulailah hari ini untuk mencegah kerusakan pada rumah, menghemat pengeluaran untuk perbaikan rumah pada masa depan, dan melewatkan panggilan servis yang tidak perlu. 

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Sabtu (2/9/2023), berikut sejumlah tugas perawatan rumah yang harus dilakukan pemilik.  

Baca juga: 3 Perawatan Rutin pada Water Heater agar Tetap Awet dan Berfungsi Optimal

Hentikan kloset yang terus menyiram

Ilustrasi kloset mampet, mengatasi kloset mampet. SHUTTERSTOCK/THOMAS VON STETTEN Ilustrasi kloset mampet, mengatasi kloset mampet.
Seiring waktu, saluran air kloset mungkin mulai mengalir terus-menerus, yang menyebabkan penggunaan air lebih tinggi.

Untuk memperbaiki kloset yang mengalir, mulailah menentukan penyebab kloset terus menyiram air, di antaranya tabung pelimpah terlalu pendek, ketinggian air yang diatur terlalu tinggi, rantai katup penyiram terlalu pendek, flapper yang sudah aus atau bengkok, atau katup penyiram dan katup pengisian perlu diganti.

Menyetel ulang pemutus yang terputus

Untuk menyetel ulang pemutus, cari panel listrik rumah Anda dan kenali pemutus yang tersandung. Ini adalah pemutus dengan sakelar yang tidak sepenuhnya menyala.

Untuk mengatur ulang pemutus yang terputus, pindahkan sakelar sepenuhnya ke posisi "mati", lalu kembalikan ke posisi "hidup".

Jika pemutus terus trip tanpa alasan jelas, jangan pulihkan daya. Sebaliknya, hubungi teknisi listrik untuk menemukan masalahnya. 

Baca juga: 10 Keuntungan Tinggal di Rumah Kecil, Hemat Energi dan Minim Perawatan

Membersihkan ventilasi mesin pengering 

Ilustrasi mesin cuci dan mesin pengering.PIXABAY/ErikaWittlieb Ilustrasi mesin cuci dan mesin pengering.
Menurut Administrasi Pemadam Kebakaran Amerika Serikat, pengering pakaian menyebabkan sekitar 2.900 kebakaran rumah setiap tahunnya dan sekitar sepertiganya diakibatkan kegagalan dalam membersihkan mesin pengering.

Membersihkan ventilasi mesin pengering juga menjadi tugas perawatan rumah yang harus dilakukan pemilik meski sering dilupakan.

Tugas perawatan rumah yang penting ini harus diselesaikan setidaknya sekali setiap tahun. 

Baca juga: Kenali, Ini Tanda dan Penyebab Kebocoran di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com