Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2023, 22:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan air purifier atau alat pembersih udara saat ini semakin populer. Setelah pandemi Covid-19, penggunaan air purifier semakin dirasa penting karena kualitas udara yang buruk di Jakarta dan sekitarnya akibat polusi udara.

Dilansir Live Science, Rabu (30/8/2023), mengetahui indeks kualitas udara di wilayah Anda dapat membantu Anda memahami seberapa besar permasalahan kualitas udara di tempat Anda tinggal, begitu juga dengan mengenali gejala kualitas udara yang buruk, termasuk iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, serta sakit kepala dan kelelahan.

Zeinab Ardeshir, apoteker komunitas dan salah satu pendiri PillSorted mengatakan, peningkatan kualitas udara dalam ruangan sangat berdampak pada kualitas hidup kita karena lebih dari 90 persen kehidupan modern dihabiskan di dalam ruangan.

Baca juga: 3 Tips Bebas Polusi Udara Saat WFH, Gunakan Air Purifier Berkualitas

Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.WIKIMEDIA COMMONS/HOME AIR QUALITY GUIDES Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.

Kualitas udara dalam ruangan yang lebih baik mengurangi risiko penularan penyakit dari patogen dan memperbaiki gejala alergi serta kondisi pernapasan.

Air purifier bekerja dengan menyaring udara melalui filter mikroskopis dan menjebak alergen, terang Ardeshir.

Berikut beberapa manfaat air purifier di rumah yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

1. Air purifier meringankan alergen di udara

Karena filter HEPA mampu mengatasi 99,97 persen polutan udara berukuran 0,3 mikron, air purifier dapat membantu dalam mengendalikan pemicu lingkungan bagi mereka yang menderita alergi.

Baca juga: Amankah Air Purifier untuk Bayi?

Sebuah studi yang dipublikasikam di Yonsei Medical Journal menemukan bahwa air purifier secara signifikan mengurangi penggunaan obat-obatan pada mereka yang mengalami gejala pernapasan akibat alergi.

Menggunaka air purifier di ruangan tempat Anda tidur atau bekerja bisa sangat membantu jika Anda memiliki alergi atau demam, karena alat ini akan menjaga kandungan alergen di udara serendah mungkin, sehingga mengurangi gejala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com