Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Dinding Warna Gelap Bikin Ruangan Tampak Gelap Juga?

Kompas.com - 18/08/2023, 17:58 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak pemilik rumah yang lebih senang mengecat dinding rumah dengan warna gelap. Akan tetapi, pertanyaan yang muncul adalah, apakah warna dinding gelap juga membuat ruangan tampak gelap?

Dikutip dari Living Etc, Jumat (18/8/2023), ada banyak faktor yang membuat ruangan tampak gelap. Namun, yang paling penting adalah cahaya dan seberapa banyak atau sedikit cahaya yang ada di suatu ruangan.

Akan tetapi, jika berbicara tentang warna, ada beberapa cara di mana Anda dapat menggunakan warna yang lebih tua dan hanya dengan beberapa trik dekorasi, Anda bisa mendapatkan tampilan ruangan yang hangat, mengundang, elegan, dan unik.

Baca juga: Dinding Vs Langit-langit, Mana yang Sebaiknya Dicat Lebih Dulu?

Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna coklat. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna coklat.

Desainer interior Montana Labelle berpendapat bahwa persepsi cahaya tidak terkait erat dengan warna, dan apa yang dia lakukan untuk menciptakan interior rumah yang murung dan indah yang berfungsi dengan baik.

Apakah mengecat dinding dengan warna gelap membuat ruangan tampak lebih gelap?

Itu tidak sepenuhnya benar. Jika kita berpikir tentang efek warna pada suatu ruang, warna dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk atau lebih hangat, lebih kecil atau lebih besar.

Dalam persepsi tentang seberapa besar ruang, warna yang lebih gelap versus lebih terang berperan.

Warna yang lebih gelap akan membuat ruangan terasa lebih nyaman, objek yang lebih gelap tampak lebih dekat, sedangkan ada warna yang membuat ruangan terlihat lebih besar. Semakin terang warna, semakin besar dan jauh dari kita tampak dinding dan objek.

Baca juga: 3 Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruang Tamu

Namun ketika berbicara tentang cahaya, dan bagaimana mencerahkan ruangan gelap, satu-satunya faktor penting dalam persepsi itu adalah cahaya itu sendiri, dan seberapa sedikit atau seberapa banyak (alami atau tidak) yang Anda miliki di dalam ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com