Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Kerusakan Atap Rumah Akibat Angin dan Cara Memperbaikinya

Kompas.com - 18/08/2023, 10:41 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Badai yang kuat dapat menyebabkan semua jenis kerusakan, dari pohon tumbang, genteng beterbangan, hingga kabel listrik yang jatuh. 

Selain itu, kerusakan akibat badai juga dapat menimbulkan malapetaka pada semua jenis atap, yang dapat menyebabkan kerusakan sekunder, seperti kebocoran dan masalah struktural.

Bertindak cepat setelah badai berlalu dapat meminimalkan kerusakan serta memulihkan atap Anda dengan cepat. 

Baca juga: 5 Material Atap Rumah yang Tahan Lama

Dasar-dasar kerusakan atap rumah akibat angin

Ilustrasi atap rumah.Shutterstock/U. J. Alexander Ilustrasi atap rumah.
Bukan hanya angin tornado dan angin topan yang dapat merusak atap dan rumah. Angin yang bergerak lurus juga bisa sama merusaknya, baik itu angin kencang maupuneembusan yang kuat.

Embusan angin terkadang dapat mencapai 100 mil per jam atau lebih dan atap rumah sering kali menerima beban terberat dari badai angin karena posisinya yang tinggi dan cara angin menerpa.

Meski angin yang lebih tinggi lebih mungkin menyebabkan kerusakan, angin dalam kisaran 50 hingga 70 mil per jam masih dapat menyebabkan kerusakan signifikan.

Angin tidak menghantam atap secara seragam. Anda akan lebih sering melihat kerusakan di sudut dan tepi atap atau di mana sirap sudah longgar. 

Baca juga: 6 Warna Atap Terbaik untuk Rumah Abu-abu

Kerusakan dapat menjalar ke atas atap setelah melonggarkan bahan atap di bagian tepi atau sudut. Atap rumah yang lebih tua sangat rentan terhadap kerusakan karena sealant dan semen atap yang digunakan pada atap dapat rusak.

Sirap yang sudah usang, melengkung, atau longgar sering kali tidak dapat menahan kecepatan angin yang tinggi.  

Selain itu, atap rumah dapat tertimpa puing-puing yang jatuh atau beterbangan, seperti ranting pohon. Kerusakan ini dapat dengan mudah mencungkil atau menggores bahan atap tanpa menembusnya. 

Angin kencang dapat menerbangkan ranting pohon hingga menembus atap, meninggalkan lubang besar dan sirap yang rusak.

Karena kerusakan atap rumah akibat angin sering terjadi selama badai petir, atap rumah mungkin juga akan mengalami kerusakan akibat hujan. 

Baca juga: Kenali, Ini 7 Tanda Harus Renovasi Atap Rumah

Tanda-tanda kerusakan atap akibat angin

Atap terakota merupakan pilihan terbaik untuk memasang panel suryaShutterstock Atap terakota merupakan pilihan terbaik untuk memasang panel surya
Setelah badai berlalu dan aman untuk keluar rumah, Anda dapat mulai mencari tanda-tanda kerusakan atap rumah. 

Periksa area sekitar terlebih dahulu untuk mencari kabel listrik yang tumbang, ranting pohon yang patah, dan puing-puing yang mungkin berbahaya dilewati.

Jika memilih  menaiki tangga untuk memeriksa kerusakan, ingatlah beberapa tips keselamatan atap dasar untuk mencegah jatuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com