Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Memakai Jasa Desainer Interior untuk Mendesain Rumah?

Kompas.com - 15/08/2023, 21:32 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek mendesain sebuah rumah, dari perencanaan, desain atau gaya, penataan, dekorasi, hingga pemilihan furnitur, perlu menggunakan jasa ahli, seperti desainer interior, agar bisa berjalan sesuai rencana serta mewujudkan rumah impian. 

Sayangnya, beberapa orang enggan menggunakan jasa desainer interior lantaran takur biaya yang dibutuhkan sangat besar. Padahal, mempekerjakan seorang profesional untuk mendesain rumah dapat menjadi investasi pada masa depan. 

Lantas, berapa biaya memakai jasa desainer interior untuk mendesain rumah? 

Baca juga: 5 Warna Handuk yang Tidak Disarankan Desainer Interior, Termasuk Putih

Apa peran desainer interior?

Ilustrasi desainer interior.Shutterstock/Chaosamran_Studio Ilustrasi desainer interior.
Bakat dan keahlian desainer interior sangat beragam, jadi penting memiliki ide jelas tentang apa yang dicari dan peran apa yang Anda inginkan dari seorang desainer sebelum mulai mempekerjakan mereka.

Natalie Meyer, CEO dan desainer utama CNC Home & Design, mengatakan desainer interior dapat membantu Anda melihat potensi di rumah.

"Apakah baru saja pindah ke rumah baru atau sedang mempertimbangkan merombak atau mendekorasi ulang rumah saat ini," katanya dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (15/8/2023).   

Baca juga: 7 Tren Desain Kamar Mandi yang Disukai Desainer Interior pada 2023

Desainer interior dapat memberikan perspektif berbeda berdasarkan pengalaman dan proyek yang pernah mereka kerjakan pada masa lalu dan ide atau solusi baru untuk membantu Anda menyempurnakan ruangan, entah itu tata letak baru atau fungsionalitas yang lebih baik.

Meyer mengatakan banyak pemilik rumah mendapatkan keuntungan dari desainer interior dalam proyek mereka.

Misalnya, memberikan referensi atau rekomendasi untuk kontraktor atau penyedia layanan lainnya, menindaklanjuti perabot yang dipesan lebih awal, dan memberi Anda informasi terbaru tentang proyek jika tidak dapat mengawasi sebanyak yang Anda inginkan.

"Mereka dapat menjadi penasihat desain Anda dan membantu menavigasi dan mengkoordinasikan aspek-aspek menantang yang dapat muncul selama proyek desain," jelasnya. 

Baca juga: 6 Warna Lemari Dapur yang Bakal Populer pada 2023 Menurut Desainer

Berapa biaya memakai jasa desainer interior?

Ilustrasi ruang keluarga di rumah bergaya abad pertengahan.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi ruang keluarga di rumah bergaya abad pertengahan.
Menurut Angi, desainer interior mengenakan biaya rata-rata US$7.805 per proyek atau sekitar Rp119 juta. Meski demikian, ada perbedaan biaya cukup besar, yang bisa berkisar antara US$200 (Rp3 juta) hingga US$60.000 (Rp920 juta), tergantung pada ukuran serta ruang lingkup proyek. 

Menurut Angi, ada tiga cara utama para desainer interior menentukan tarif mereka, yakni tarif tetap, tarif per jam, dan tarif per kaki persegi.

Desainer interior untuk proyek-proyek perumahan biasanya memilih tarif per jam. Beberapa desainer akan mengenakan biaya sesedikit US$50/jam (Rp767 ribu) dan yang lainnya mengenakan biaya hingga $500/jam (Rp7 juta).

Penting dicatat, tarif per jam atau biaya memakai jasa desainer interior tidak termasuk biaya material, yang harus diperhitungkan pemilik rumah juga.

Meski biaya per-kaki persegi biasanya diperuntukkan bagi proyek komersial, ada beberapa desainer yang memilih menggunakan cara ini untuk proyek perumahan yang lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com