Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bisa Cegah Kanker

Kompas.com - 15/08/2023, 16:55 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sterilisasi atau mengebiri merupakan salah satu perawatan hewan peliharaan yang perlu dilakukan. Sterilisasi bisa dilakukan pada kucing maupun anjing.

Sterilisasi pada kucing ternyata memberikan banyak manfaat bagi kucing peliharaan, baik pada kesehatan maupun perilakunya. 

Dilansir dari Hill’s Pet Nutrition, Selasa (15/8/2023), berikut beberapa manfaat sterilisasi pada kucing

Baca juga: Ragam Manfaat Sterilisasi Kucing Betina dan Jantan 

Mencegah penyakit

Sterilisasi kucing ternyata bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah penyakit kanker, terutama pada kucing betina. 

Kucing betina yang disteril bisa terhindari dari risiko kanker serviks, kanker ovarium, dan kanker payudara. Hal tersebut karena pengangkatan sel telur akan mengurangi kadar hormon yang mendorong pertumbuhan tumor.

Selain itu, kucing yang disteril juga bisa terhindar dari penyakit leukemia dan AIDS. Pasalnya, sterilisasi dapat mengurangi keinginan kucing untuk berhubungan intim dengan berganti pasangan. 

Baca juga: Mengapa Kucing Menyukai Laptop?

kucingpexels.com kucing

Mencegah perkelahian

Manfaat sterilisasi kucing lainnya adalah mencegah perkelahian, terutama pada kucing jantan. Kucing jantan yang tidak dikebiri akan memiliki hasrat mencari pasangan dan mempertahankan wilayah dari musuhnya.

Apabila ada dua atau lebih kucing jantan yang mengalami hal tersebut, akan muncul perkelahian. Dengan mengebiri kucing, naluri agresif pada kucing bisa dikurangi. 

Baca juga: Amankah Kucing Memakan Tikus?

Mengurangi risiko roaming

Roaming adalah perilaku yang dialami kucing yang tidak dikebiri. Salah satunya perilaku roaming pada kucing adalah keinginan mencari pasangan di luar rumah.

Biasanya, kucing akan mencoba melarikan diri setiap ada kesempatan untuk menemukan pasangan.

Jika hal tersebut terjadi, kucing berisiko terluka saat berada di luar rumah, baik karena perkelahian maupun kecelakaan. Dengan melakukan sterilisasi kucing, keinginan sahabat buly untuk melarikan diri bisa dicegah. 

Baca juga: Alasan Kucing Suka Menjatuhkan Barang dan Cara Menghentikannya

Kebersihan lebih terjaga

Terakhir, manfaat sterilisasi pada kucing adalah kebersihannya lebih terjaga. Kucing jantan yang sedang birahi biasanya akan membuang air kecil sembarangan.

Aroma urine kucing yang menyengat membuat lingkungan sekitar menjadi kotor serte berbau yang dapat mengganggu kenyamanan. 

Dengan mensterilkan kucing, sahabat bulu tidak akan kencing sembarangan sehingga kebersihan rumah dan lingkungan lebih terjaga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com