Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2023, 08:05 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, kucing juga memiliki perasaan, baik senang maupun sedih, di berbagai kondisi.

Rupanya, perasaan tersebut sangat mempengaruhi tumbuh kembang kucing. Kucing yang sedih biasanya tampak murung dan menyebabkan nafsu makannya menurun.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Tanda-tanda Kucing Bahagia dan Tidak Nyaman 

Tentu saja, jika dibiarkan, kondisi tersebut bisa mengganggu tumbuh kembang kucing, bahkan kesehatannya, baik fisik maupun mental.

Maka itu, sebagai pemilik kucing, penting memperhatikan kondisi sahabat bulu. Pastikan kucing mendapat perawatan yang baik dan dalam kondisi bahagia. 

Namun, bagaimana cara membuat kucing bahagia?

Melansir dari The National Wildlife Federation, Rabu (9/8/2023), berikut cara membuat kucing bahagia

Baca juga: Bagaimana Mengetahui Kucing Mendapatkan Cukup Air?

Buat kucing terus bergerak

ilustrasi mengajak kucing bermainFreepik ilustrasi mengajak kucing bermain

Secara alami, kucing merupakan hewan yang aktif. Apabila energinya tidak digunakan, ini bisa membuat kucing berisiko stres.

Maka itu, sangat dianjurkan memberikan banyak mainan pada kucing peliharaan agar bisa terus bergerak aktif dan tetap bahagia.

Biarkan kucing berburu

Selain aktif, kucing juga termasuk hewan yang memiliki rasa ingin tahu tinggi. Kucing peliharaan yang dirawat dalam rumah terkadang bisa merasa bosan karena tidak dapat hidup bebas.

Karena itu, pemilik kucing harus memberikan kesempatan pada kucing untuk tetap pergi berburu. Kucing bisa berburu di dalam rumah.

Anda bisa memfasilitasinya dengan cara menyembunyikan makanannya, kemudian membiarkan kucing mencari sendiri makanan kesukaannya.

Baca juga: Cara Membuat Kucing Bahagia Tinggal dengan Kita

Pelihara kucing secara berpasangan

Kesibukan sering kali membuat banyak pemilik kucing tidak selalu ada sepanjang waktu bersama sahabat bulu. Tak jarang, hal ini membuat banyak kucing peliharaan merasa kesepian.

Untuk mencegahnya, sebaiknya memelihara dua ekor kucing di rumah agar kucing memiliki teman bermain dan tidak merasa kesepian.

Baca juga: 4 Perilaku Manusia yang Membuat Kucing Bahagia 

Ajak kucing jalan-jalan

Sama dengan manusia, kucing juga senang jalan-jalan keluar rumah. Jadi, ajaklah kucing jalan-jalan di sekitar rumah agar tetap senang dan tidak bosan.

Jarak yang ditempuh saat jalan-jalan bisa ditentukan secara bertahap. Apabila kucing peliharaan baru pertama kali keluar, sebaiknya tidak jalan-jalan dengan jarak yang jauh. Tingkatkan jarak berjalan secara bertahap agar kucing merasa lebih nyaman.

Itulah beberapa cara membuat kucing bahagia. Selain tips di atas, hal yang tak kalah penting untuk dilakukan agar kucing peliharaan terus bahagia adalah memberikan kasih sayang dan perhatian penuh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com