Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Pengharum Kamar Mandi dari Bahan Alami

Kompas.com - 09/08/2023, 19:44 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi ruangan di rumah yang sering mengeluarkan bau tidak sedap. Bahkan, meski telah membersihkan kamar mandi secara rutin, bau masih saja sering muncul.

Solusi paling mudah mengatasi bau di kamar mandi adalah meletakkan pengharum ruangan di sudut kamar mandi. Akan tetapi, tak semua orang menyukai pengharum dari bahan kimia.

Untungnya, ada beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai pengharum kamar mandi. Melansir dari Germany Brilliant, Rabu (9/8/2023), berikut cara membuat pengharum kamar mandi dari bahan alami

Baca juga: 6 Tips Membuat Kamar Mandi Harum

Bubuk kopi

Tak hanya diolah menjadi minuman, bubuk kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai pengharum kamar mandi. Aroma khas kopi membuat kamar mandi menjadi lebih segar dan menenangkan.

Untuk memanfaatkannya, letakkan satu sendok bubuk kopi dalam wadah kain, kemudian gantungkan di belakang pintu atau ventilasi.

Lemon

Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mengharumkan kamar mandiPIXABAY/STEVE BUISSINNE Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mengharumkan kamar mandi

Irisan lemon yang diletakkan di sudut kamar mandi juga bisa menghilangkan bau tak sedap dari kamar mandi. Aroma khas lemon membuat kamar mandi lebih segar, tetapi ini tak bertahan lama.

Maka itu, perlu mengganti irisan lemon secara rutin saat lemon sudah kering. 

Baca juga: Cermin Tidak Boleh Menghadap Pintu Kamar Mandi, Kenapa?

Kayu manis

Kayu manis juga menjadi salah satu pengharum kamar mandi dari bahan alami. Aroma wangi yang khas dari kayu manis membuat kamar mandi segar. 

Cara pakainya cukup dengan mencampurkan kayu manis dan bahan alami lainnya yang beraroma harum, seperti lavender, kemudian letakkan campuran dalam wadah kecil di sudut kamar mandi.

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Harum dan Segar Layaknya Tempat Spa

Baking soda 

Ilustrasi baking soda dan cuka. Kedua bumbu dapur ini banyak digunakan sebagai produk pembersih alami. SHUTTERSTOCK/JPC-PROD Ilustrasi baking soda dan cuka. Kedua bumbu dapur ini banyak digunakan sebagai produk pembersih alami.
Tak hanya berguna membersihkan perkakas, baking soda juga bisa mengatasi bau tak sedap di kamar mandi. Baking soda mampu menyerap bau yang membuat kamar mandi lebih harum dan segar.

Caranya memanfaatkanny adalah mengoleskan baking soda pada sejumlah permukaan di kamar mandi, seperti ubin, dinding, kloset, atau wastafel. Setelah itu, gosok secara perlahan, lalu bilas sampai bersih.

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Mandi Tetap Harum 

Cuka

Sama dengan baking soda, cuka juga memiliki dua manfaat, yakni membersihkan kamar mandi sekaligus menghilangkan bau tak sedap.

Caranya, campurkan air cuka dan garam, lalu gosokkan pada area yang kotor dan berbau, dan bilas sampai bersih.

Pastikan kamar mandi bersih dan harum. Apabila belum, Anda bisa mengulangi kembali cara-cara di atas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com