Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Jamur dari Kamar Mandi dengan Pemutih

Kompas.com - 29/06/2023, 11:17 WIB
Esra Dopita Maret,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur menjadi masalah yang paling ditakuti pemilik rumah. Biasanya, masalah jamur muncul di ruang-ruang lembap, basah, hangat, dan gelap, seperti kamar mandi.

Keberadaan jamur di kamar mandi tak hanya mengotori, tapi juga beracun dan berisiko buruk pada kesehatan, seperti pernapasan, kulit, alergi, sinus, dan asma. 

Baca juga: 3 Cara Mencegah dan Menghilangkan Jamur di Kamar Mandi

Mereka yang memiliki masalah kesehatan tersebut bisa berdampak lebih besar apabila terpapar jamur. Maka itu, keberadaan jamur di kamar mandi maupun area rumah lainnya harus segera dihilangkan. 

Namun, lantaran beracun, membersihkan jamur dari kamar mandi perlu dilakukan hati-hati dan menggunakan perlindungan diri, bahkan meminta bantuan profesional apabila masalahnya besar. 

Untungnya, Anda bisa melakukan menghilangkan jamur dari kamar mandi sendiri. Ada banyak bahan di rumah yang bisa digunakan untuk membasmi jamur, salah satunya pemutih.

Dilansir dari Love to Know, Kamis (29/6/2023), menggunakan pemutih untuk membersihkan jamur dari kamar mandi adalah solusi mudah.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dari Plafon Kamar Mandi

Bagaimana pemutih bekerja membasmi jamur? 

Ilustrasi jamur hitam di kamar mandi.SHUTTERSTOCK/Tapati Rinchumrus Ilustrasi jamur hitam di kamar mandi.
Bahan kimia utama dalam pemutih, natrium hipoklorit, dapat membunuh sebagian besar jenis jamur di dalam ruangan. Pemutih bekerja dengan cara membunuh spora jamur.

Di kamar mandi, jamur dan lumut dapat kembali karena kondisi ruangan yang sering lembap. Jadi. Anda harus menjadikan pembersihan dengan pemutih sebagai bagian rutin dari rutinitas perawatan rumah tangga .

Ingatlah bahwa pemutih hanya dapat membunuh jamur pada permukaan bahan yang tidak berpori di kamar mandi, seperti bak mandi, ubin yang tertutup rapat, kaca, dan meja dapur tertentu. 

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membasmi Jamur dari Kusen Jendela

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com