Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Area Luar Ruangan agar Nyaman dan Menarik

Kompas.com - 28/06/2023, 10:17 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Area luar ruangan atau outdoor di rumah dapat dimanfaatkan menjadi area yang menyenangkan untuk beraktivitas bersama keluarga. Agar nyaman, ruang tersebut perlu ditata dan didekorasi semenarik mungkin.

Anda bisa menambahkan gaya pribadi saat memilih furnitur dan sentuhan dekoratif seperti bantal luar ruangan, pot, dan permadani luar ruangan.

Baca juga: Ragam Material untuk Furnitur Luar Ruangan dan Cara Merawatnya

Dilansir The Spruce, Rabu (28/6/2023), berikut ini sejumlah tips mendekorasi area luar ruangan.

Ilustrasi teras rumahShutterstock Ilustrasi teras rumah

1. Menyesuaikan material dengan lingkungan

Pertimbangkan lingkungan dan sekeliling Anda. Misalnya, apakah Anda tinggal di iklim tropis dengan kelembapan tinggi atau panas kering yang sering terjadi sepanjang tahun.

Kathy Kuo, pendiri dan CEO Kathy Kuo Home, mendorong klien untuk memperhatikan bahan furnitur outdoor. Rotan, beton, kayu jati, dan alumunium powder-coated akan tahan terhadap elemen cuaca, tutur dia.

Sesuaikan pula gaya furnitur dengan lanskap di sekitarnya. Sebagai contoh, kursi rotan yang colorful akan mempercantik halaman belakang yang rimbun dengan pohon palem dan pohon pisang.

Baca juga: Tips untuk Melindungi Patio dan Furnitur Luar Ruangan

2. Bermain pola

Lanskap alam memiliki bentuk organik dan menghadirkan beberapa pola yang terstruktur, terutama dalam warna-warna yang cerah akan menambah kesan unik.

Menurut Gray Malin, desainer, pemilik lifestyle brand Gray Malin, pola-pola yang ceria dengan warna yang lembut membangkitkan kegembiraan.

Jenis pola yang Anda pilih tergantung pada Anda dan estetika Anda. Garis-garis dan lekukan yang berani menggambarkan estetika modern, sementara tekstur dan pola yang berlapis-lapis menggambarkan gaya boho.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com