Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Alami Membersihkan Perhiasan Silver agar Kembali Berkilau

Kompas.com - 07/08/2023, 08:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Silver jewelry atau perhiasan silver atau perak memiliki tampilan yang cantik dan menunjang penampilan saat mengenakannya.

Namun, perhiasan silver akan mengalami noda atau kotor jika tidak membersihkannya secara teratur. Hal ini karena perhiasan silver dikenakan di kulit yang dapat menarik minyak tubuh, riasan, tanah, kuman, dan bakteri yang menyebabkan perhiasan kehilangan kilaunya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Perhiasan Perak agar Kembali Berkilau

Maka itu, penting membersihkan perhiasan silver secara rutin dan mempelajari cara membersihkannya di rumah menggunakan pembersih perak atau barang-barang yang ada di dapur. 

Perlu diketahui pula, karena perhiasan silver memiliki lapisan perak yang sangat tipis membuatnya tidak akan bertahan dengan baik menggunaakn pembersihan abrasif yang berulang-ulang. Perak akan terkikis dan memperlihatkan logam dasarnya.

Sebagian besar perhiasan silver sterling memiliki tanda atau stempel yang menunjukkan kemurnian peraknya, tetapi Anda juga dapat menggunakan magnet untuk menentukan apakah perhiasan tersebut berlapis silver atau sterling. Magnet akan menempel pada lapisan perak, tetapi tidak pada sterling.  

Nah, dilansir dari The Spruce, Senin (7/8/2023), berikut enam bahan alami membersihkan perhiasan silver agar kembali berkilau. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Perhiasan Aluminium agar Awet dan Tak Pudar

Ilustrasi perhiasan silver, membersihkan perhiasan silver.Shutterstock/Kwangmoozaa Ilustrasi perhiasan silver, membersihkan perhiasan silver.
Alat dan bahan 

  • 2 kain mikrofiber.
  • 1 mangkuk kaca kecil.
  • 1 pasang penjepit dengan ujung plastik.
  • 1 wadah pembersih perak komersial.
  • 1 kotak baking soda.
  • 1 botol cairan pencuci piring.
  • 1 botol cuka putih suling.
  • 1 botol jus lemon atau lemon segar.
  • 1 tube pasta gigi non-gel, tanpa pemutih.
  • 1 botol saus tomat.
  • 1 gulungan aluminium foil. 

Baca juga: Cara Menyimpan Perhiasan agar Tidak Terkena Noda

Pembersih perak komersial

Mulailah membersihkan perhiasan silver dengan air sabun hangat untuk menghilangkan minyak tubuh. Jangan merendam perhiasan dengan lapisan kayu atau gading.

Sebaliknya, seka noda tanah dengan kain sabun yang lembap. Ikuti petunjuk untuk semir perak komersial yang Anda pilih.

Pembersih cair atau tisu lebih baik daripada pasta untuk membersihkan perhiasan silver berornamen karena pasta dapat terperangkap di celah-celah.  

Baca juga: Cara Menyimpan Perhiasan agar Tidak Terkena Noda

Baking soda 

Ilustrasi baking soda.Shutterstock/ThamKC Ilustrasi baking soda.
Selanjutnya, bahan alami membersihkan perhiasan silver agar kembali berkilau adalah baking soda. Buatlah pasta dengan mencampurkan satu bagian air dan tiga bagian baking soda dalam mangkuk kecil. Basahi perhiasan silver dan gunakan kain mikrofiber yang lembut untuk mengoleskan pasta.

Kerjakan satu area kecil pada satu waktu dan gosok dengan lembut secara memutar untuk menghilangkan noda. Teruslah bergerak ke area kain yang bersih saat noda dipindahkan.

Bilas pasta baking soda dengan air dingin dan segera gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan serta menggosok perhiasan silver agar berkilau.  

Baca juga: 5 Tips Merawat Koleksi Jam Tangan dan Perhiasan

Jus lemon dan baking soda 

Bahan alami membersihkan perhiasan silver agar kembali berkilau lainnya adalah menggunakan perasan air lemon dan baking soda.

Cuci perhiasan silver dengan air sabun hangat, lalu buat pasta dengan mencampurkan satu bagian jus lemon dan tiga bagian baking soda dalam mangkuk kecil.

Celupkan kain mikrofiber basah ke dalam pasta dan kerjakan di area kecil pada satu waktu. Gosok dengan lembut secara melingkar guna menghilangkan noda dan pindahkan ke area kain yang bersih saat noda dipindahkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com