Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2023, 20:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Catnap adalah istilah yang sudah familiar untuk mereka yang memelihara kucing. Ini adalah istilah untuk kucing yang suka tidur siang sebentar-sebentar. 

Kucing tidak hanya suka tidur sebentar di mana pun, tetapi juga tidur berjam-jam setiap hari.  Hal ini pun membuat banyak pencinta dan pemilik kucing bertanya-tanya mengapa kucing tidur begitu lama? Berapa lama waktu tidur yang normal untuk kucing? 

Baca juga: Alasan Kucing Saling Menjilat Satu Sama Lain, Berbahayakah?

Sebetulnya, setiap kucing memiliki waktu tidur berbeda, semua kucing tidur dalam jumlah yang signifikan.

Marty Becker, dokter hewan sekaligus asisten profesor di Fakultas Kedokteran Hewan Washington State University, Amerika Serikat, mengatakan sebagian besar kucing tidur antara 12-15 jam sehari, tetapi biasanya tidur dalam beberapa waktu singkat, bukan sekaligus seperti yang biasa dilakukan manusia. 

Sedangkan, anak kucing tidur lebih lama dari waktu tersebut. "Anak kucing membutuhkan lebih banyak tidur daripada kucing dewasa karena tubuh dan otaknya sedang tumbuh, berkembang, serta menyerap semua pengalaman baru yang didapa setiap hari," kata Becker. 

Anak kucing dapat tidur hingga 20 jam sehari serta menghabiskan waktu untuk bermain dan tidur.  

Baca juga: Betulkah Kucing Takut Mentimun dan Apa Saja Bahayanya?

Alasan kucing tidur terus dan begitu lama

Ilustrasi cara kucing menunjukkah kasih sayangShutterstock/RJ22 Ilustrasi cara kucing menunjukkah kasih sayang

Kucing tidur sepanjang hari melebihi waktu tidur manusia yang hanya delapan jam sehari. Lantas, mengapa kucing tidur begitu banyak?

Becker mengatakan kucing banyak tidur dan itu sebagian karena mereka adalah pemburu yang mengintai. Kucing terbiasa aktif dalam waktu singkat untuk menemukan dan menangkap mangsa dengan makan serta tidur siang setelahnya.  

Kalikan saja dengan menangkap delapan sampai 10 tikus sehari. "Secara fisiologis, kucing juga siap berburu kapan saja dan harus tidur kapan pun mereka bisa," ujar Becker dilansir dari Reader's Digest, Jumat (28/7/2023). 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Tidak Mengubur Kotorannya 

Kucing tidak tidur selelap seperti yang Anda pikirkan

Inilah fakta menarik lainnya untuk dipertimbangkan. Kucing peliharaan mungkin tidak tidur dengan nyenyak seperti yang Anda bayangkan.

Pernah mendengar tentang tidur dengan satu mata terbuka? Kucing bisa dibilang telah menguasai seni ini.

Jodi Ziskin, pelatih hewan peliharaan yang sehat dan Direktur komunikasi untuk Treatibles, menjelaskan meski terlihat seperti tidur nyenyak, kucing masih sangat waspada terhadap lingkungannya. 

Kucing bisa langsung beraksi jika mendengar atau mencium sesuatu yang menarik. Hal ini juga terkait dengan nalurinya untuk menghindari predator pada malam hari.

Akibatnya, terkadang kucing ttidur nyenyak, tetapi biasanya dalam periode lima hingga 15 menit sebelum melanjutkan status "tertidur".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com