Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2023, 11:22 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan tempat penting di rumah yang sering digunakan dan menyimpan berbagai macam barang.

Selain memasak dan menyiapkan makanan, dapur dapat menjadi tempat berkumpul keluarga. Namun, dapur yang tidak terorganisasi baik dapat membuat aktivitas memasak kurang nyaman. 

Baca juga: 5 Benda yang Bisa Membuat Dapur Sempit Tampak Lebih Luas

Untuk membuat persiapan makanan lebih mudah, menghemat waktu, dan menghindari stres, penting menata dapur seefisien mungkin. 

Dikutip dari The Simplicity Habit, Jumat (28/7/2023), berikut sejumlah cara menata dapur lebih efisien.

Rapikan

Ilustrasi dapur.Unsplash/sidekix Ilustrasi dapur.
Kekacauan adalah penyebab paling umum yang menghalangi produktvitas, terutama terjadi di dapur. Dapur mudah berantakan. Mulailah dengan melakukan decluttering pada meja dapur.

Semakin sedikit barang yang ada di atasnya, semakin banyak ruang yang Anda miliki untuk bekerja. Kemudian, lanjutkan dengan merapikan kulkas dan dapur.

Semakin ramping dapur, semakin mudah menemukan bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk memasak.

Baca juga: 8 Benda yang Harus Disingkirkan dari Rumah Saat Decluttering

Gunakan label

Menggunakan label untuk area tertentu di dapur adalah salah satu cara terbaik menjaganya tetap teratur. Hal ini juga membantu anggota keluarga mengetahui di mana barang-barang harus disimpan sehingga memudahkan pembersihan.

Memberi label pada barang menjadi cara tepat meningkatkan efisiensi, terutama jika Anda bekerja dengan orang lain yang belum pernah bekerja di dapur sebelumnya.

Buat zona

Untuk membuat dapur lebih efisien saat memasak, buatlah zona-zona untuk berbagai keperluan. Simpan barang-barang yang serupa, tempatkan peralatan di dekat tempat yang dibutuhkan saat digunakan, dan ciptakan aliran zona kerja yang mengalir.

Baca juga: Membawa Energi Buruk, Ini 6 Kesalahan Menata Dapur Menurut Feng Shui

Asah pisau 

Ilustrasi pisau stainless.Dok. Taste of Home/ Fortyforks Ilustrasi pisau stainless.
Mengasah pisau tidak memakan banyak waktu, tapi akan membuat perbedaan besar. Memasak dan menyiapkan makanan dengan pisau tumpul adalah hal yang tidak menyenangkan serta mengurangi efektivitas. Pastikan semua peralatan dalam kondisi prima sebelum mulai memasak.

Rak bumbu

Ada banyak bumbu berbeda yang mungkin digunakan selama memasak. Untuk memudahkan menemukan bumbu yang dibutuhkan, gunakan rak bumbu sebagai penyimpanan.

Menempatkan semua bumbu di satu tempat yang mudah diakses akan membuat memasak lebih efisien.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Panci Gosong Pakai Bumbu Dapur, Mudah dan Cepat

Gantung peralatan

Salah satu cara memastikan semua orang tahu di mana menemukan sesuatu adalah menyimpan barang-barang besar di tempat yang mudah terlihat.

Selain itu, menggantung panci, wajan, dan peralatan memasak merupakan cara tepat memanfaatkan ruang. Peralatan yang digantung juga dapat terlihat cantik serta berfungsi sebagai bagian dari dekorasi.

Baca juga: 3 Kebiasaan yang Dapat Mengurangi Ruang Penyimpanan di Dapur

Singkirkan peralatan besar dan tidak dipakai

Singkirkan barang-barang yang jarang digunakan, seperti wajan besar. Pilih barang-barang penting untuk disimpan di dapur dan singkirkan yang hanya menghabiskan ruang demi menjaga dapur tetap rapi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com