Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Simpan 7 Barang Ini di Loteng, Ini Alasannya

Kompas.com - 24/07/2023, 19:09 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang loteng tentu saja memberikan keuntungan tersendiri. Loteng bisa menjadi tempat menyimpan barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan atau diinginkan untuk mengacaukan ruang keluarga.

Namun, tidak semua barang boleh disimpan di loteng lantaran ada beberapa barang yang menyebabkan masalah.  

Baca juga: Cara Memasang Ventilasi Loteng dan Manfaatnya untuk Rumah

Ada dua faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan menyimpan barang di loteng, yakni suhu tinggi pada musim panas dan kemungkinan kondensasi selama musim dingin. 

Idealnya, suhu loteng tidak boleh lebih dari 10-20 derajat Celsius di atas suhu luar. Namun, secara realistis, suhu di loteng bisa jauh lebih tinggi dari itu, terkadang mencapai 65 derajat Celsius atau lebih, terutama di lingkungan  lebih hangat. 

Masalah kedua adalah udara hangat dari pemanas rumah dapat naik ke loteng dan bercampur dengan udara lebih dingin di bawah atap.

Hal ini menyebabkan timbulnya kelembapan yang dapat berubah menjadi embun beku selama bulan-bulan musim dingin. Begitu musim semi tiba, embun beku akan mencair dan menyebabkan lebih banyak kondensasi.

Selain itu, menyimpan barang di loteng juga dapat membuatnya mudah rusak karena kondisi panas dan lembap. Ditambah, jamur, lumut, dan hama juga menjadi masalah di loteng.   

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (24/7/2023), berikut sejumlah barang yang tidak boleh disimpan di loteng.  

Baca juga: Cara Membasmi Tikus di Loteng, Dijamin Aman dan Efektif

Lilin dan krayon

Ilustrasi lilin.Shutterstock/Daria Minaeva Ilustrasi lilin.
Lilin dan krayon dapat meleleh apabila disimpan dalam suhu tinggi atau panas, seperti area loteng. Hal ini juga membuatnya sulit dibersihkan.

Sebagai gantinya, lilin dan krayon yang tidak terpakai bisa disimpan di dalam lemari ruangan yang memiliki suhu terkendali di rumah.

Buku

Buku koleksi masa kecil atau buku pelajaran lama dari sekolah menjadi barang yang tidak boleh disimpan di loteng karena beberapa alasan.

Pertama, tingkat kelembapan tinggi dapat menyebabkan jamur dan lumut tumbuh dengan cepat pada sampul serta halaman-halaman buku.

Selain itu, jamur perak tumbuh subur di lingkungan panas dan lembap serta dikenal suka makan kertas dan lem, seperti yang digunakan dalam penjilidan.

Sebagai solusi, rapikan buku-buku yang tidak akan pernah dibaca lagi sebelum menyimpannya di rak-rak di ruang tamu atau ruang kerja.

Hindari juga menyimpan dokumen, terutama dokumen penting, atau foto di loteng untuk memastikan tetap dalam kondisi bagus. 

Baca juga: Jangan Simpan 8 Barang Ini di Loteng, Garasi, dan Ruang Bawah Tanah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com