Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat yang Tidak Boleh Digunakan di Ruangan Sempit

Kompas.com - 03/07/2023, 12:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat yang tepat untuk ruangan bisa menjadi hal yang rumit. Ini termasuk memilih warna cat untuk ruangan sempit atau ruangan kecil.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari ukuran dan bentuk ruang, cahaya alami yang tersedia, dan arahnya, untuk siapa, bagaimana warna memengaruhi perasaan Anda, dan sebagainya.

Dilansir Homes & Gardens, Senin (3/7/2023), memilih warna cat untuk mendekorasi ruangan sempit bisa menjadi proses yang menantang karena ada begitu banyak pilihan. Namun demikian, ada beberapa warna yang sebaiknya dihindari.

Baca juga: Aquaproof Hadirkan Cat Pelapis Antibocor Dekoratif dalam 3 Warna Baru

Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna biru tua. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu dengan dinding warna biru tua.

Berikut beberapa warna cat yang tidak boleh digunakan di ruangan kecil dan alternatif yang bisa Anda pilih.

1. Biru tua

Digunakan dalam dekorasi selama berabad-abad, warna biru tua yang tenang sangat populer, diselaraskan dengan banyak warna untuk hasil yang sangat beragam. Namun, jika Anda menggunakan warna biru tua di ruangan kecil, Anda bisa mengubah ruangan menjadi lebih gelap.

Itu tidak berarti Anda harus mengabaikan palet warna populer ini sepenuhnya. Sebagai gantinya, coba dekorasi dengan warna biru dalam variasi paling pucat.

Patrick O'Donnell, duta merek internasional di Farrow & Ball menyatakan bahwa biru muda adalah pilihan yang menginspirasi saat merencanakan ruangan kecil.

Baca juga: Warna Cat Kamar Tidur yang Sebaiknya Dihindari dan Dipilih

Warna biru langit dapat menambah kegembiraan pada rumah sederhana dengan kesegaran yang melekat, tetapi berhati-hatilah agar tidak terlihat terlalu dingin karena cahaya alami akan berdampak besar pada persepsi mereka, ujar O'Donnell.

Untuk mendapatkan yang terbaik dari warna biru seperti ini, pasangkan dengan warna netral, saran Sarah Davies-Bennion, desainer senior di Kate Guinness Design.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com