Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Berikan Cangkang Telur untuk 8 Tanaman Buah dan Sayuran Ini

Kompas.com - 28/06/2023, 14:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara menyuburkan tanaman dengan bahan-bahan alami, salah satunya dengan cangkang telur. Cangkang telur sering dianggap sebagai pupuk alami karena memberikan asupan kalsium untuk tanaman dan tanah.

Akan tetapi, Anda tidak boleh menggunakan cangkang telur sebagai pupuk untuk seluruh tanaman. Faktanya, ada beberapa tanaman yang sebaiknya tidak diberikan pupuk dari cangkang telur.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Rabu (28/6/2023), berikut beberapa tanaman buah dan sayuran yang tidak boleh diberikan pupuk dari cangkang telur.

Baca juga: Mudah, Cara Menggunakan Cangkang Telur sebagai Pupuk Tanaman

Ilustrasi menanam strawberry di pot.SHUTTERSTOCK/AGENTURFOTOGRAFIN Ilustrasi menanam strawberry di pot.

1. Strawberry

Tanaman strawberry menyukai kondisi tanah yang sedikit asam. Sifat basa cangkang telur dapat meningkatkan pH atau keasaman tanah, yang dapat menghambat kemampuan tanaman untuk menyerap nutrisi penting.

2. Kentang

Sementara cangkang telur mengandung kalsium, yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, namun bahan ini juga berkontribusi dalam meningkatkan pH tanah.

Sebaliknya, menggunakan kompos, bahan organik, atau pupuk berimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus kentang akan lebih bermanfaat.

3. Brokoli

Berikutnya dalam daftar tanaman yang tidak menyukai cangkang telur adalah brokoli. Tanaman brokoli lebih menyukai kondisi tanah yang sedikit asam hingga netral.

Baca juga: 8 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya

Sementara cangkang telur merupakan sumber kalsium, mereka juga dapat meningkatkan tingkat pH tanah karena sifatnya yang basa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com