Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Berikan Cangkang Telur untuk 8 Tanaman Buah dan Sayuran Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara menyuburkan tanaman dengan bahan-bahan alami, salah satunya dengan cangkang telur. Cangkang telur sering dianggap sebagai pupuk alami karena memberikan asupan kalsium untuk tanaman dan tanah.

Akan tetapi, Anda tidak boleh menggunakan cangkang telur sebagai pupuk untuk seluruh tanaman. Faktanya, ada beberapa tanaman yang sebaiknya tidak diberikan pupuk dari cangkang telur.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Rabu (28/6/2023), berikut beberapa tanaman buah dan sayuran yang tidak boleh diberikan pupuk dari cangkang telur.

1. Strawberry

Tanaman strawberry menyukai kondisi tanah yang sedikit asam. Sifat basa cangkang telur dapat meningkatkan pH atau keasaman tanah, yang dapat menghambat kemampuan tanaman untuk menyerap nutrisi penting.

2. Kentang

Sementara cangkang telur mengandung kalsium, yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, namun bahan ini juga berkontribusi dalam meningkatkan pH tanah.

Sebaliknya, menggunakan kompos, bahan organik, atau pupuk berimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus kentang akan lebih bermanfaat.

3. Brokoli

Berikutnya dalam daftar tanaman yang tidak menyukai cangkang telur adalah brokoli. Tanaman brokoli lebih menyukai kondisi tanah yang sedikit asam hingga netral.

Sementara cangkang telur merupakan sumber kalsium, mereka juga dapat meningkatkan tingkat pH tanah karena sifatnya yang basa.

4. Kubis

Sangat penting untuk mempertahankan kisaran pH 6,0 hingga 7,5 untuk pertumbuhan kubis yang optimal.

Pemanfaatan kompos, lumut gambut, atau bahan organik lainnya sebagai pembenah tanah akan lebih cocok untuk tanaman kubis daripada cangkang telur.

5. Kale

Mempertahankan kisaran pH yang sesuai antara 6,0 hingga 7,5 melalui penggunaan kompos, bahan organik, atau bahan pengasaman seperti belerang akan lebih bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman kale dibandingkan dengan menggunakan cangkang telur.

6. Kembang kol

Mempertahankan kisaran pH 5,5 hingga 7,0 melalui penggunaan amandemen asam seperti bahan organik yang dikomposkan atau pupuk asam akan lebih tepat daripada menggunakan cangkang telur untuk tanaman ini.

7. Cabai

Tanaman cabai lebih menyukai tanah yang sedikit asam dan mungkin tidak mentolerir tanah yang terlalu basa, yang dapat diperburuk dengan menambahkan kulit telur.

8. Ubi jalar

Sementara ubi jalar membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan yang tepat, jumlah yang disediakan oleh kulit telur bisa terlalu banyak, menyebabkan kekurangan dan berdampak negatif pada pertumbuhan tanaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/28/142039276/jangan-berikan-cangkang-telur-untuk-8-tanaman-buah-dan-sayuran-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke