Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Ruang Kecil Terlihat Besar dan Luas

Kompas.com - 29/05/2023, 11:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terus meningkatnya harga tanah dan rumah, membuat semakin banyak orang memilih tempat tinggal dengan ukuran yang lebih kecil.

"Perampingan" sebenarnya merupakan tren yang populer belakangan ini karena terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan saat mengurus apartemen yang lebih besar atau rumah yang lebih besar.   

Baca juga: 6 Hewan Peliharaan Eksotis yang Cocok untuk Rumah Kecil

Apalagi, tinggal di rumah kecil dapat menciptakan ruang yang lebih intim dan setiap barang memiliki tempatnya masing-masing.

Namun, menata dan mendekorasi ruang kecil bisa penuh tantangan lantaran keterbatasan lahan yang dimiliki. Meski demikian, bukan berarti tidak bisa mendekorasi dan memperantik ruang kecil.

Ruang kecil bisa menjadi sangat cantik jika menggunakan dekorasi yang sesuai dimensinya. Terlepas dari keterbatasan ruang, penting memeprtimbangkan fungsionalitas. 

Dengan beberapa solusi penataan dan dekorasi cerdas, setiap ruang kecil bisa mendapatkan dimensi baru untuk terlihat lebih besar. Ruang kecil bisa diperluas tanpa harus memindahkan dinding.

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Senin (29/5/2023), berikut cara membuat ruang kecil terlihat besar dan luas.  

Baca juga: 8 Kesalahan Mendekorasi Ruang Kecil yang Harus Dihindari

Gunakan pencahayaan 

Ilustrasi ruang keluarga kecil.Shutterstock/PHOTOCREO Michal Bednarek Ilustrasi ruang keluarga kecil.
Tanpa pencahayaan alami yang cukup, ruang tamu yang kecil kemungkinan besar akan tampak lebih sempit.

Cara membuat ruang kecil terlihat besa dan luas adalah menggunakan pencahayaan yang lebih baik. Idealnya, Anda harus menambahkan sebanyak mungkin pencahayaan alami ke ruang kecil ini. 

Namun, apabila tidak memungkinkan, ada beberapa alternatif yang bisa dicoba. Pertimbangkan mengintegrasikan beberapa perlengkapan pencahayaan yang kuat, yang memberikan efek serupa dengan peningkatan pencahayaan yang dibuat jendela besar.

Hadirkan beberapa pencahayaan kreatif di dalam ruang kecil untuk memungkinkan siapa pun melihat area tersebut lebih jelas.

Mencerahkan ruangan merupakan langkah pertama yang dapat membuat perbedaan dalam  persepsi ukuran ruangan.  

Baca juga: 3 Tips Memakai Karpet untuk Membuat Ruang Kecil Terlihat Lebih Besar

Skema warna monokromatik

Selanjutnya, cara membuat ruang kecil terlihat besar dan luas adalah menggunakan warna monokromatik. Skema warna monokromatik tidak berarti hanya menggunakan warna hitam dan putih.

Ini mengacu pada hanya menggabungkan warna yang merupakan bagian dari keluarga yang sama. Kontras yang kuat dapat membuat beberapa pernyataan berani dalam dunia desain interior, tapi harus dijaga agar tetap pada tingkat yang lembut jika ingin membuat ruag kecil terlihat besar dan luas.  

Memilih skema warna monokromatik memiliki potensi yang besar. Warna monkromatik  memiliki kualitas yang halus dan mkesamaan solid secara keseluruhan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com