Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Membuat Ruang Kecil Terlihat Besar dan Luas

"Perampingan" sebenarnya merupakan tren yang populer belakangan ini karena terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan saat mengurus apartemen yang lebih besar atau rumah yang lebih besar.   

Apalagi, tinggal di rumah kecil dapat menciptakan ruang yang lebih intim dan setiap barang memiliki tempatnya masing-masing.

Namun, menata dan mendekorasi ruang kecil bisa penuh tantangan lantaran keterbatasan lahan yang dimiliki. Meski demikian, bukan berarti tidak bisa mendekorasi dan memperantik ruang kecil.

Ruang kecil bisa menjadi sangat cantik jika menggunakan dekorasi yang sesuai dimensinya. Terlepas dari keterbatasan ruang, penting memeprtimbangkan fungsionalitas. 

Dengan beberapa solusi penataan dan dekorasi cerdas, setiap ruang kecil bisa mendapatkan dimensi baru untuk terlihat lebih besar. Ruang kecil bisa diperluas tanpa harus memindahkan dinding.

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Senin (29/5/2023), berikut cara membuat ruang kecil terlihat besar dan luas.  

Cara membuat ruang kecil terlihat besa dan luas adalah menggunakan pencahayaan yang lebih baik. Idealnya, Anda harus menambahkan sebanyak mungkin pencahayaan alami ke ruang kecil ini. 

Namun, apabila tidak memungkinkan, ada beberapa alternatif yang bisa dicoba. Pertimbangkan mengintegrasikan beberapa perlengkapan pencahayaan yang kuat, yang memberikan efek serupa dengan peningkatan pencahayaan yang dibuat jendela besar.

Hadirkan beberapa pencahayaan kreatif di dalam ruang kecil untuk memungkinkan siapa pun melihat area tersebut lebih jelas.

Mencerahkan ruangan merupakan langkah pertama yang dapat membuat perbedaan dalam  persepsi ukuran ruangan.  

Skema warna monokromatik

Selanjutnya, cara membuat ruang kecil terlihat besar dan luas adalah menggunakan warna monokromatik. Skema warna monokromatik tidak berarti hanya menggunakan warna hitam dan putih.

Ini mengacu pada hanya menggabungkan warna yang merupakan bagian dari keluarga yang sama. Kontras yang kuat dapat membuat beberapa pernyataan berani dalam dunia desain interior, tapi harus dijaga agar tetap pada tingkat yang lembut jika ingin membuat ruag kecil terlihat besar dan luas.  

Memilih skema warna monokromatik memiliki potensi yang besar. Warna monkromatik  memiliki kualitas yang halus dan mkesamaan solid secara keseluruhan. 

Walhasil, tampilan yang konsisten dan harmonis memberikan kesan lapang untuk memberikan ilusi ruang ekstra. 

Untuk itu, kurangi kekacauan sebanyak mungkin sehingga bisa ruang kecil terlihat besar dan luas.

Terlalu banyak barang membuat kesan sempit, sementara mengatur segala sesuatu dengan lebih baik akan membantu menjaga suasana tetap teratur.

Anda bisa mulai dengan membiarkan dinding kosong daripada menutupinya dengan terlalu banyak karya seni. 

Gabungkan cermin

Menggabungkan cermin adalah cara membuat ruang kecil terlihat besar dan luas yang sudah klasik. Cermin dapat meningkatkan kesan terbuka dan lapang di ruang kecil.

Cermin memantulkan cahaya dan menipu mata untuk menciptakan ilusi ruang tambahan di dalam ruangan. Anda bisa menggunakan satu cermin berukuran besar atau sedang.

Cermin semacam ini bisa memberikan pilihan posisi yang fleksibel sehingga bisa meletakkan cermin besar yang bersandar atau memasang cermin yang indah di dinding.

Pertimbangkan pendekatan sederhana 

Jika berencana membeli furnitur baru untuk apartemen kecil, pertimbangkan  menggunakan pendekatan yang tidak terlalu mencolok.

Pilih furnitur lebih rendah dari tanah. Hal ini tidak hanya menciptakan perasaan lebih nyaman, tapi juga meningkatkan kesan ruang, terutama jika plafon cukup tinggi.

Furnitur dengan sandaran rendah terlihat bagus di ruang tamu, sedangkan kamar tidur dapat menggunakan sentuhan budaya Jepang dengan meletakkan kasur di lantai.  

Cobalah fokus pada mengeluarkan barang-barang yang tepat sehingga hasil akhirnya akan mengesankan tanpa mempengaruhi estetika secara keseluruhan.

Sama dengan menambahkan cermin, ini semua tentang menciptakan ilusi visual yang tepat. Gorden tidak selalu mengacaukan ruangan, tapi dapat menghalangi pandangan dari luar sehingga tidak dapat meningkatkan keterbukaan.

Menyingkirkan karpet dapat memberikan efek yang sama. Penting menjaga keseimbangan tepat dengan preferensi pribadi Anda dan mencoba berbagai hal sebelum memutuskan apakah pendekatan dekorasi tertentu yang cocok untuk Anda. 

Gunakan furnitur multi-fungsi

Menggunakan furnitur multi-fungsi merupakan ide bagus untuk setiap ruang kecil. Hal ini karena furnitur merupakan elemen utama yang memakan tempat di dalam ruangan.

Memaksimalkan pengaturan furnitur dapat dilakukan melalui bangku berlapis kain dilengkapi dengan bonus tempat penyimpanan di bawahnya. Contohnya, menggunakan meja makan yang dapat diperluas. 

Nah, itu dia cara membuat ruang kecil terlihat besar dan luas. Selamat mencoba! 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/29/110024776/7-cara-membuat-ruang-kecil-terlihat-besar-dan-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke